Nasional

Gempa Bumi 7,7 SR Guncang Maluku

Oleh : Ronald - Senin, 24/06/2019 16:51 WIB

Getaran gempa yang juga dirasakan hingga ke wilayah Kota Sorong, Papua ini terjadi pada pukul 09.53 WIB atau 11.53 WIT.

Jakarta, INDONEWS.ID - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 7,7 SR mengguncang wilayah Laut Banda, Maluku Tenggara Barat dan sekitarnya, Senin (24/6/2019).

Getaran gempa yang juga dirasakan hingga ke wilayah Kota Sorong, Papua ini terjadi pada pukul 09.53 WIB atau 11.53 WIT.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Laut Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault).

Getaran gempa dirasakan sangat kuat di Saumlaki hingga skala V MMI, Tual III-IV MMI, Sorong III MMI, Kupang II-III MMI, Banda, Waingapu, Ambon, Nabire, Merauke, Denpasar dan Puncak Jaya II MMI.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi episenter gempa ada pada titik koordinat 6.51 Lintang Selatan (LS) dan 129.27 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada pada jarak 245 kilometer (Km) Timur Laut Maluku Barat Daya dengan kedalaman 231 Km. (rnl)
 

Artikel Terkait