Nasional

Persiapan Rapat Pleno Telah Rampung, KPU Harap Kedua Paslon Bisa Hadir

Oleh : Ronald - Sabtu, 29/06/2019 16:15 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU RI) Wahyu Setiawan mengatakan persiapan untuk penetapan presiden dan wakil presiden terpilih hasil pemilihan umum 2019 sudah hampir rampung. Selain itu, pihaknya juga sudah menyebarkan undangan sejak Jumat, (28/6/2019) dan kemudian untuk persiapan-persiapan teknis yang dipersiapkan KPU telah rampung.

"Besok, KPU merencanakan rapat pleno penetapan presiden dan wakil terpilh ini pukul 15.30 WIB dan kita perkirakan akan selesai pada jam 17.00 WIB, agendanya hanya penetapan presiden dan wakil presiden terpilih," ujarnya kepada salah satu media elektronik di Jakarta, Sabtu (29/6/2019).

Disampaikan Wahyu, hingga saat ini undangan tersebut sudah disebar semua. Selain itu, KPU juga akan mengundang pasangan calon (paslon) dari kubu 01 dan 02, dimana masing-masing dapat menyertakan sebanyak 20 orang.

Tidak hanya itu, KPU juga memberikan undangan kepada partai politik peserta pemilu 2019 lalu dan juga undangan kepada lembaga negara serta lembaga sosial masyarakat (LSM), pemerhati pemilu dan juga pihak terkait yang selama ini bermitra dengan KPU.

Hanya saja, dikatakan Wahyu, meskipun undangan telah disebar, hingga saat ini pihaknya masih belum mendapatkan konfirmasi dari semua paslon, apakah akan hadir atau tidak. Meski demikian, KPU tetap mengharapkan kedua paslon ini bisa hadir dengan keadaan yang sehat dan tanpa halangan untuk bisa hadir di rapat pleno ini.

"Berdasarkan peraturan UU rapat pleno presiden dan wakil presiden terpilih itu tidak wajib dihadiri oleh pasangan calon, walaupun begitu, tentu kami (KPU) sangat berharap kedua paslon ini bisa hadir," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait