Nasional

DPRD : DKI Jakarta Harus Ada Wakil Gubernur, Itu Penting

Oleh : Ronald - Senin, 15/07/2019 17:55 WIB

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengatakan posisi orang nomor dua di DKI itu terbilang sangat penting. Belum lagi apabila Gubernur Anies Baswedan tengah melakukan dinas keluar negeri.

Politisi PDIP ini bahkan menilai kepemimpinan Jakarta bahkan nyaris 'kosong' ketika Anies sedang melakukan lawatan ke Kolombia dan Amerika Serikat. Oleh karena itu, menurut Edi posisi wagub DKI Jakarta harus segera diisi.

"Kan saya rasa sebetulnya dan secepatnya harus ada Wakil Gubernur,. Penting (Wagub, red) itu," kata Prasetio, Senin (15/7/2019).

Hampir satu tahun kursi Wagub DKI resmi lowong sejak Sandiaga Uno mendaftar sebagai Calon Wakil Presiden ke KPU pada 10 Agustus 2018. Sandi berpasangan dengan Prabowo Subianto sebagai capres. Merujuk hal tersebut, posisi DKI-2 kosong hampir setahun.

Namun meski saat ini tengah diisi sementara oleh Sekretaris Daerah Sekda Syaefullah sebagai Pelaksana Harian Gubernur DKI, menurut Prasetio, posisi wakil gubernur perlu segera diisi.

Diketahui, proses pemilihan wagub DKI dengan membentuk panitia khusus (Pansus) hingga saat ini masih tengah berjalan.

Edi menyatakan pada 22 Juli nanti akan digelar rapat paripurna terkait pembahasan nama wakil gubernur. Keputusan lanjut atau tidaknya pembahasan tergantung terpenuhinya syarat kuorum, yakni pembahasan akan berlanjut ketika 50 plus 1 suara anggota dewan yang hadir.

"Jadi, kita lihat saja nanti. Kalau memang tidak kuorum, saya serahkan ke Pak Gubernur," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan proses pemilihan wakil gubernur pengganti Sandiaga masih diproses oleh DPRD saat ini.

Anies pun mempercayakan hasilnya kepada partai politik yang mempertimbangkan nama-nama yang akan diajukan sebagai calon pendampingnya. (rnl)



 

Artikel Terkait