Sosial Budaya

Menpar Ingin Jadikan Pegunungan Meratus Jadi Bagian Geopark Internasional

Oleh : Ronald - Selasa, 13/08/2019 10:25 WIB

Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan menjadi bagian dari Geopark Internasional UNESCO. Hal ini sebagai upaya agar semakin banyak produk wisata lokal yang bisa dipromosikan hingga ke ranah internasional.

"Saya merasa suatu objek wisata bisa mencapai kelas dunia jika kita memilih dengan tepat. Saya pernah tinggal di sini dan jatuh cinta dengan Pegunungan Meratus. Ketika melakukan perjalanan melalui jaur darat, saya sering berhenti di Meratus untuk menikmati suasana," curhat Menpar dalam keterangan persnya yang diterima pada Selasa, (13/8/2019).

Menurutnya, Kalimantan Selatan memiliki banyak potensi wisata yang sangat menjual. Sebut saja seperti Sungai Barito, Bekantan dan juga ratusan budaya dan kuliner yang bagus.

"Pilihlah satu yang diunggulkan. Sementara kami sepakat ingin mengunggulkan wisata Pegunungan Meratus," ujar Menpar Arif Yahya.

Buktikan keseriusannya, Menpar ingin adakan pertemuan untuk membahas mengenai pembangunan pariwisata Kalimantan Selatan agar bisa segera menjadi sebuah destinasi wisata yang baru.

"Tahun depan kita meluncurkan Visit Kalsel 2020 dan Kemenpar akan membantu dalam hal pemasaran, pengembangan destinasi dan penyiapan sumber daya manusia," ujar Menpar.

Ditambahkan Menpar, langkah pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan mendaftarkan Pegunungan Meratus sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) tentu akan mendapat dukungan penuh dari Kemenpar. (rnl)

Artikel Terkait