Daerah

Menhub Targetkan Pembangunan Landasan Pacu Bandara Rendani Manokwari Rampung Akhir 2020

Oleh : Ronald T - Jum'at, 27/09/2019 09:13 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto : istimewa)

Manokwari, INDONEWS.ID - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi akan menambah panjang landasan pacu (runway) Bandara Rendani, Manokwari, Jayapura sepanjang 300 meter. Saat ini Bandara Rendani memiliki panjang runway sekitar 2.000 meter x 45 meter.

"Secara khusus saya menyampaikan apa yang sedang dilakukan oleh Rendani. Tapi sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada pak Gubernur yang sudah memberikan support untuk pengadaan tanah dan pembuatan tiang pancang," kat Menhub di Manokwari, Kamis (26/9/2019).

Menhub berharap dengan penambahan runway ini bisa didarati pesawat-pesawat jet dengan ukuran yang lebih besar. Dengan demikian bisa meningkatkan ekonomi wilayah Manokwari dan Papua lainnya.

"Oleh karenanya kita akan undang nanti naik itu Citilink, Garuda, Lion, Batik Air, Sriwijaya Air untuk kita lakukan perbaikan-perbaikan penerbangan di Papua ini," tegas Menhub.

Tidak hanya perpanjangan runway, Kemenhub juga akan melakukan perbaikan terminal Bandara Rendani sehingga kualitas pelayanan akan lebih baik.

"(Pembangunan) Bandara Rendani di 2020 akhir sudah selesai," pungkas Menhub.

Menhub menambahkan, kementeriannya juga mengalokasi anggaran yang cukup besar untuk pengembangan konektivitas di Papua. Fasilitas yang dibangun Kementerian Perhubungan, kata dia, bisa berupa bandara atau fasilitas pendukung lain.

"Tidak mudah, tapi Kementerian Perhubungan selalu berusaha memberikan fasilitas. Sejumlah bandara kita bangun, sejumlah fasilitas kita bangun," jelasnya.

"Bahkan di Papua, yang merupakan daerah 3T menghabiskan 35 persen anggaran Kementerian Perhubungan di sektor udara itu adalah di Papua," imbuh Menhub. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait