Pojok Istana

Presiden Jokowi Nilai Belanda Mitra Dagang Penting di Eropa

Oleh : very - Senin, 07/10/2019 16:32 WIB

Presiden Joko Wododo dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Bogor, Senin (7/10/2019). (Foto: Antara)

Bogor, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo menyebut bahwa Belanda merupakan mitra investasi terbesar dari negara-negara kawasan Eropa dan akan terus ditingkatkan di masa mendatang.

"Di antara negara-negara Eropa, Belanda merupakan mitra perdagangan nomor dua terbesar, dan mitra investasi nomor satu," kata Presiden Jokowi ketika menyampaikan pernyataan bersama dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Bogor, Senin (7/10).

Jokowi juga menyebutkan bahwa Belanda merupakan negara asal wisatawan mancanegara terbesar keempat dari Eropa.

Indonesia menilai Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa, baik di bidang perdagangan, investasi maupun pariwisata.

"Kerja sama ini akan terus kita perkuat dengan menggunakan kerangka kemitraan komprehensif yang sudah dimiliki oleh kedua negara Indonesia dan Belanda," katanya seperti dikutip Antara.

Menurut Jokowi, di tengah situasi perekonomian dunia yang mengalami tren pelemahan, kedua negara perlu meningkatkan kerja sama ekonomi dengan banyak mitra, termasuk dengan Belanda.

Di bidang perdagangan, lanjut Jokowi, kedua negara sepakat terus meningkatkan perdagangan yang terbuka dan "fair".

"Dalam konteks ini saya sampaikan kembali konsen Indonesia untuk kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit," kata Jokowi. (Very)

 

Loading...

Artikel Terkait