Nasional

Prediksi BMKG Soal Potensi Hujan Lebat 14-16 Oktober

Oleh : Marsi Edon - Selasa, 15/10/2019 06:30 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.(Foto:Kompas.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dari tanggal 14 sampai 16 Oktober 2019. Hujan lebat dan angin kencang tersebut akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Pantaun BMKG terhadap potensi hujan tersebut dapat dijelaskan dengan adanya potensi gelombang atmosfer Rossby Sumatera bagian utara sehingga dapat memperkuat angin timuran. Hal yang sama terjadi dari Sumatera Selatan hingga Pesisir Barat Aceh dan dari Laut Natuna Utara hingga Thailand.

"Dari pantauan BMKG terjadi potensi hujan lebat pada 14 Oktober 2019 di Wilayah Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua Barat. Sementara untuk esok harinya 15 Oktober 2019 berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur dan Maluku," demikian BMKG dalam keterangannya.

BMKG dalam keterangannya juga menjelaskan, pada tanggal 16 Oktober, beberapa wilayah masih diguyur hujan lebat. Wilaya tersebut menyebar dari Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.

"Pada 16 Oktober 2019, wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat," demikian BMKG dalam penjelasannya.

Selain itu, BMKG juga memprediksi adanya hujan lebat di beberapa wilayah seperti ujung Barat Indonesia hingga Papua. Karena itu, masyarakat diminta waspada terhadap potensi bencana dari hujan lebat tersebut.

"Untuk wilayah Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat dan Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada 16 Oktober 2019," jelas BMKG.

BMKG berharap, masyarakat lebih siap terhadap datangnya musim hujan di tahun ini. Masyarakat diminta untuk lebih waspada agar terhindar dari resiko akibat datangnya hujan lebat di wilayahnya masing-masing.*

 

 

Loading...

Artikel Terkait