Gaya Hidup

Heboh! Warga Jambi Diduga Terjangkit Virus Corono, Pasien Berasal dari Wuhan China

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 26/01/2020 09:45 WIB

Warga Jambi Diduga Terjangkit Virus Corono (Foto: Ilustrasi)

Jambi, INDONEWS.ID - Seorang pasien diduga terjangkit virus corona atau Wuhan Pneumonia sudah dirujuk dari rumah sakit Siloam ke RSUD Raden Mattaher Jambi pada Sabtu (25/1/2020) malam.

Informasi yang didapat, berdasarkan informasi yang beredar secara masif dan cepat melaluib aplikasi pesan singkat WhatsApp mengatakan pasian baru saja pulang dari Wuhan China.

Pasien merupakan guru di Kanaan School berasal dari Wuhan China. Berdasarkan informasi tersebut, sang pasian baru balik dari kampung Wuhan, tanggal 16 Januari Kemarin.

"Pasien baru pulang dari China dan mengeluh batuk pilek. Ketika dirujuk ke RS Mattaer, pasian melewati pintu belakang, pintu mayat, bukan lewat IGD,"ungkap pengirim pesan tersebut.

Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan RSUD Raden Mattaher Jambi, dr. Dewi Lestari mengatakan belum dapat dipastikan karena perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Saat ini pihaknya juga telah menyiapkan ruang isolasi khusus untuk pasien terkena penyakit Wuhan Pneumonia.

"Kita sudah siapkan ruang isolasi khusus untuk pasien diduga terkena penyakit Wuhan Pneumonia," ujar dr. Dewi seperti dilansir dari Tribunjambi.com

Ia menjelaskan petugas juga telah disiapkan untuk menerima pasien dengan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap mulai dari helm, baju astronot, Masker N95, sarung tangan panjang dan sepatu boat.

"Keselamatan petugas juga harus diutamakan karena sangat berisiko tertular bersentuhan langsung dengan pasien, jadi kita menggunakan APD lengkap. Kita sudah ada timnya, jadi ketika mendadak kita siap melayani pasien," jelasnya.

Ia menambahkan, penyebaran virus ini melalui droplet atau udara. dr Dewi juga mengimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak berada di area ke rumah sakit jika di luar jam besuk.

"Apalagi anak-anak dan orang tua karena sangat berisiko tertular penyakit Wuhan Pneumonia," pungkasnya.*(Rikardo).

Artikel Terkait