Nasional

Ini Tanggapan KPK Terkait Pencopotan Ronny Sompie

Oleh : Ronald T - Rabu, 29/01/2020 17:17 WIB

Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie

Jakarta, INDONEWS.ID - Pencopotan Ronny Sompie sebagai Direktur Jendral Imigrasi oleh Menterti Hukum dan HAM Yasonna Laoly membuat kaget banyak pihak. Tak terkecuali, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lembaga antirusuah ini masih enggan berkomentar lebih jauh terkait pencopotan Ronny. 

Seperti yang disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, yang mengatakan pencopotan dirjen Imigrasi adalah kewenangan dari Kemenkumham selaku instansi, KPK tidak akan mencampuri urusan tersebut.

“Itu kan urusan Kemenkumham ya. Jadi kita tidak mau masuk ke sana,” ujar Ali di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Ali menjelaskan hingga hari ini KPK masih fokus berusaha mencari keberadaan Harun Masikhu.

“Kami fokus dulu lah ke penyelesaian perkara ini, jadi kita belum masuk sampai ke sana, infonya kan baru, dari sore kita tidak tahu apa keterkaitannya,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mencopot Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie dari jabatannya, Selasa (28/1/2020). Pencopotan Ronny F Sompie terkait dengan kasus Harun Masikhu.

Ronny dianggap paling bertanggungjawab atas luputnya pengawasan terhadap Harun Masiku yang ternyata sudah kembali ke Indonesia pada 7 Januari 2020.

Yasonna memastikan Ronny F Sompie dicopot dari jabatan Dirjen Imigrasi per hari ini. Menurut Yasonna, Ronny F Sompie dicopot agar tak ada konflik kepentingan. 

"Karena saya mau betul-betul terbuka, dan tim nanti bisa melacak mengapa terjadi delay, mengapa data itu tersimpan di PC bandara terminal 2. Kalau terminal 3 kan beres, makanya ndak ada masalah di terminal 3," tandas Yasonna. (rnl)

 

Loading...

Artikel Terkait