Abdon Nababan Raih "Magsasay Award 2017"

Oleh : very - Minggu, 20/08/2017 18:01 WIB

Abdon Nababan raih Magsasay Award 2017. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ramon Magsasay Award Foundation, pada Kamis (27/7) di Manila, Filipina, mengumumkan aktivis Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Abdon Nababan sebagai penerima Ramon Magsasay Award 2017 untuk kategori Community Leadership dari seluruh Asia.

Penyerahan penghargaan tahunan oleh lembaga yang berbasis di Filipina ini dijadwalkan berlangsung pada 31 Agustus di Manila. Dalam situs resminya www.rmaward.asia, Abdon dinilai sebagai pemimpin yang membawa perubahan. Keberanian dan advokasinya menjadi suara dan wajah bagi masyarakat adat di Indonesia.

Abdon merupakan pemimpin perjuangan Masyarakat Adat di Nusantara, sejak sebelum reformasi. Acara lima-tahunan Kongres Masyarakat Adat Nusantara menunjuknya sebagai Sekretaris Jenderal AMAN selama dua periode berturut-turut yaitu 2007-2012 dan 2012-2017. Kini Abdon duduk di Dewan AMAN Nasional 2017-2022 mewakili Region Sumatera.

Dalam periode kepemimpinannya, kerja AMAN telah berkontribusi positif terhadap perjuangan hak-hak masyarakat adat di negara ini. Beberapa di antaranya adalah Putusan Mahkamah Konstitusi no. 35/PUU-X/2012 tentang Hutan Adat, pencantuman peta wilayah adat sebagai peta tematik oleh Badan Informasi Geospasial, dan Inkuiri Nasional oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia tentang pelanggaran hak-hak Masyarakat Adat di kawasan hutan.

AMAN juga secara aktif mendorong dan melakukan fasilitasi terhadap Rancangan Undang-Undang Masyarakat Adat (RUU MA), yang saat ini masuk program Legislasi Nasional DPR RI untuk 2017.

Masih di periode kepemimpinannya, AMAN memastikan pencantuman enam poin terkait Masyarakat Adat di dalam Visi dan Misi Presiden Joko Widodo (dikenal sebagai NAWACITA).

Hasil paling nyata adalah penyerahan Surat Keputusan Pengakuan Hutan Adat kepada 9 Masyarakat Adat oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada akhir Desember 2016. Sekretaris Jenderal AMAN periode 2017-2022 Rukka Sombolinggi mengatakan menyambut hangat penghargaan Ramon Magsaysay Award 2017 yang diberikan kepada Abdon Nababan. AMAN menilai Abdon sangat pantas mendapatkan penghargaan tersebut.

"Memimpin organisasi sebesar AMAN melewati masa transisi untuk berubah dari strategi konfrontasi ke engagement hanya bisa dilakukan oleh seorang pemimpin yang visioner dan memiliki strategi yang kuat dalam melakukan perubahan, dan Abdon telah membuktikan kualitas kepemimpinannya," ujarnya melalui siaran pers, Minggu (20/8/2017).

Rukka mengatakan, atas pencapaian tersebut, masyarakat adat, terutama di Sumatera Utara, mendorong Abdon untuk maju sebagaicalon Gubernur Sumatera Utara. "Hal itu bertujuan agar agenda kesejahteraan dan keadilan, terutama berkaitan dengan tanah rakyat dan tanah ulayat dapat terus diperjuangkan," pungkasnya. (Very)

Artikel Terkait