Internasional

4 Fraksi DPR Mengutuk Kasus Kejahatan Kemanusiaan di Rohingya

Oleh : hendro - Kamis, 31/08/2017 14:47 WIB

ilustrasi gedung DPR/MPR (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Empat fraksi di DPR RI yang terdiri dari PKS, Gerindra, PDIP, dan PAN  menyatakan sikap mengutuk kasus kejahatan kemanusiaan di Rohingya, Myanmar.

Dalam keterangannya, Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto mengusulkan agar pemerintah Indonesia mengusir Duta Besar Myanmar jika  negara itu tidak menunjukkan komitmen dalam penyelesaian kasus etnis Rohingya. 

Menurut Yandri,  Myanmar sebagai bagian dari komunitas dunia harus tunduk dan patuh terhadap nilai-nilai universal kemanusiaan. Myanmar tidak boleh memusuhi kelompok yang berbeda etnis dan keyakinan dengan cara membabi buta.

"Kalau PAN malah mengusulkan, supaya Myanmar tidak main-main, duta besarnya diusir dulu. Diusir dulu biar mereka paham bahwa kemanusiaan itu penting," kata Yandri Susanto, di Gedung DPR RI, Kamis (31/8/2017). 

Yandri menegaskan bahwa pembakaran dan pembunuhan yang terjadi di Myanmar bukan hanya masalah agama, melainkan masalah kemanusiaan. Ada orang-orang yang diusir dari kampung halamannya, rumah-rumah dibakar, bahkan anak-anak dibantai. 

Karena itu, Yandri menegaskan Indonesia harus berperan aktif dalam kejahatan kemanusiaan etnis Rohingya ini. Apalagi, Yandri menyatakan Myanmar adalah bagian dari komunitas ASEAN. Indonesia harus berada paling depan.

Yandri berharap Pemerintah Indonesia hari ini bisa langsung memanggil Duta Besar Myanmar untuk membicarakan hal-hal yang konkrit agar tidak ada lagi tindakan membabi buta militer Myanmar. Selain itu, dirinya  menuntut agar tidak ada lagi pembakaran dan pembunuhan secara massal terhadap warga etnis Rohingya. (hdr)

 

Artikel Terkait