Kontingen SEA Games 2017 Dikukuhkan, Kemenpora Pastikan Kesiapan Bonus

Pengukuhan Kontingen Indonesia menuju SEA Games XXIX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia, di Auditorium Wisma Menpora, Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Rabu sore (2/8/2017). (Foto: Kemenpora)

Jakarta, INDONEWS.ID – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto resmi mengukuhkan Kontingen Indonesia menuju SEA Games XXIX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia, di Auditorium Wisma Menpora, Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Rabu sore (2/8/2017).

Ketua KOI Erick Thohir menyampaikan sedikitnya tiga even besar yang selalu diikuti kontingen Indonesia pada pesta olahraga yakni SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

“Kami dari pemerintah berharap para atlet juga membuat terobosan baru seperti yang telah ditorehkan tim bola voli Indonesia yang masuk semi final Kejuaraan Asia, atlet renang I Gede Siman yang masuk delapan besar dunia, jadikan SEA Games ini motivasi sebagai sasaran untuk even lebih tinggi seperti Asian Games baik prestasi dengan tim maupun individual,” ujarnya.

“Alhamdulillah kami (Kemenpora, KOI, KONI, Satlak Prima, DPR RI) telah berhasil mengkonsolidasi tentang kepastian anggaran untuk SEA GAmes 2017 ini, karena kami tidak mau para atlet nantinya terlunta-lunta terlebih konsolidasi ini memberikan efek positif mempersiapkan even apa saja yang akan diikuti untuk tahun depan,” tambahnya.

Chef de Mission (CdM) Indonesia pada SEA Games XXIX/2017 Aziz Syamsudin melaporkan SEA Games 2017 Malaysia akan digelar dari tanggal 19 sampai dengan 30 Agustus 2017 dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan jumlah atlet dan ofisial Indonesia sebanyak 857 orang.

“Kami akan mengikuti gelaran SEA Games 2017 Malaysia dengan menjaga harkat dan martabat bangsa, pelepasan akan dilaksanakan oleh Bapak Presiden pada tanggal 17 Agustus mendatang di Istana Negara, Jakarta,” ujarnya.

Ia berharap seluruh atlet dan ofisial Indonesia dapat meningkatkan peringkatnya dari SEA Games sebelumnya di Singapura. “Semoga dari peringkat lima di SEA Games 2016 Singapura lalu para kontingen kita berhasil meningkatkan peringkat dan prestasinya,” imbuhnya singkat.
Bonus

Terkait bonus untuk peraih medali pada SEA Games XXIX/2017 Malaysia, pemerintah melalui Kemenpora memastikan hal itu karena memang telah teralokasikan. “Bonus untuk SEA Games dan Asean Paragames 2017 telah kami siapkan, Bapak Menpora berharap bonus atlet dapat diberikan dengan waktu yang tidak terlalu lama setelah gelaran Asean Paragames di Malaysia usai,” ujar Sesmenpora.

Ia belum dapat memberikan detail besaran bonus yang telah di janjikan oleh pemerintah. “Bonus adalah bentu apresisasi pemerintah kepada para atlet yang telah mengangkat harkat dan martabat bangsa, tetapi kami belum dapat menyampaikan berapa besaran bonus SEA Games 2017 ini yang jelas bonus paling tinggi yakni untuk emas olimpiade yakni Rp 5 miliar, emas Asian Games Rp 400 juta dan emas SEA Games aturannya adalah Rp 200 juta,” urainya.

Bonus SEA Games lanjutnya, akan di tambah dengan bonus dengan bentuk lain selain dana. “Bonus SEA Games akan lebih kami multiplayerkan efeknya yakni selain dalam bentuk uang juga ditambahkan dengan bentuk lainnya, pemerintah masih membahas hal itu,” tegasnya.

Salah satu atlet timnas futsal putri Citra Adisti (27 tahun) menilai semua lawannya berat terlebih tuan rumah Malaysia. “Kita tahu rivalitas kita dengan Malaysia di berbagai aspek, terlebih di pertandingan pertama kita bertemu dengan Malaysia kita selalu mewaspadai penonton dan faktor non teknis lainnya, jadi semua lawan kita anggap berat tidak ada yang di remehkan, mohon doanya,” ujarnya.

Turut hadir Ketua KONI Pusat Tono Suratman, Ketua Satlak Prima Achmad Soedjipto, Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti, Kepala Biro Humas dan Hukum Amar Ahmad, Jubir Kemenpora Anindya K. Putri, serta para Anggota DPR RI. (Very)