Internasional

Jokowi - Maruf Menang Telak di Belgia

Oleh : hendro - Rabu, 17/04/2019 20:31 WIB

Suasana pengitungan suara pemilu di Belgia

Brussels, INDONEWS.ID - Penghitungan suara yang dilakukan PPLN Belgia pada 17 April 2019 sejak pukul 09.00 pagi waktu Belgia akhirnya memilih pasangan calon presiden dengan No. urut 01, Jokowi-Maruf sebagai pemenang pemilu untuk Presiden di Belgia dan Luksemburg.

Jokowi-Maruf unggul dengan perolehan 807 suara, mengalahkan paslon No. urut 02, Probowo-Sandi dengan perolehan suara 175 (82% - 18%). 

Penghitungan suara di Belgia berlangsung ramai. Selain disaksikan secara langsung oleh sejumlah saksi dari Perwakilan partai dan calon PPWP, masyarakat dan diaspora Indonesia, Dubes RI untuk Belgia merangkap Uni Eropa dan Luksemburg, Yuri O. Thamrin, segenap pejabat dan staff KBRI Brussel, penghitungan suara juga disiarkan secara live lewat sosial media untuk menjangkau masyarakat Indonesia yang tersebar di berbagai kota di Belgia dan Luksemburg.

Pemilu di Belgia telah dilaksanakan pada tanggal 13 April 2019, sedangkan pemilu di Luksemburg telah dilaksanakan pada tanggal 14 April 2019, dengan tertib, aman dan lancar. Namun penghitungan suara, sebagaimana arahan KPU, dilaksanakan pada tanggal 17 April, serentak dengan penghitungan suara di Indonesia.  

Dari sekitar 1755 orang pemilih yang terdaftar, sekitar 1025 atau hamper 60% menggunakan hak suaranya pada pemilu kali ini. 603 orang pemilih hadir di TPS di Belgia dan Kotak Suara Keliling di Luksemburg, sedangkan sekitar 480 orang menyalurkan hak pilihnya melalui pos.
Jumlah surat suara yang telah digunakan namun dinyatakan tidak sah berjumlah sekitar 43 buah. 

Penghitungan suara untuk pemilihan perwakilan DPR Dapil Jakarta II masih terus berlangsung dan diharapkan selesai pada hari yang sama waktu Belgia.
 

Artikel Terkait