Nasional

Cegah Penyimpangan, Abdul Hakim Minta Pemerintah Benahi Data Penerima Bantuan Sosial

Oleh : Marsi Edon - Sabtu, 16/05/2020 13:19 WIB

Anggota DPD RI Dapil Lampung Abdul Hakim, pada saat melakukan kegiatan menyerap aspirasidi kecamatan Kedondong, kabupaten Pesawaran.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Anggota DPD RI Dapil Lampung Abdul Hakim melakukan kegiatan serap aspirasi di kecamatan Kedondong, kabupaten Pesawaran. Sabtu,(16/05/2020)

Dalam kesempatan itu, Senator Lampung itu mendesak Pemerintah Menggunakan Satu data  dalam memberikan bantuan Sosial terdampak covid 19.

Dalam acara yang hadiri oleh pengelola BMT, pelaku UMKM dan Badan Permusyawaratan Desa itu, Abdul Hakim menegaskan dirinya dalam melakukan tugas pengawasan terkait UMKM terdampak Covid-19 dan anggaran desa untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat terdampak covid-19.

Salah satu peserta mengungkapkan, pelaksanaan pembagian BLT ini masih terkendala pada data yang tidak update.

"Data yang dipakai tahun 2013, ada yang sekarang sudah meninggal, ada yang sudah jadi PNS dan perubahan status lainnya" jelas peserta tersebut.

Sementara peserta lain mengusulkan agar memperkuat posisi BUMDes dengan menstimulus para pelaku UMKM.

"Ini jauh lebih baik di bandingkan selalu membagi bantuan sosial yang tidak tahu kapan berakhirnya," ungkapnya

Abdul Hakim merespon aspirasi para peserta. Ia menegaskan, pemerintah perlu melakukan langkah terobosan berupa perbaikan data penerima bantuan.

"Saya mendukung program satu data yang terus di update dan adanya satu komando, sehingga tidak terjadi kekisruhan, dan pembagiannya pun tepat sasaran " Ungkap Abdul Hakim.

Selain itu, ia mengatakan, kondisi sulit seperti ini, masyarakat sulit bergerak secara bebas sehingga berpengaruh terhadap ekonomi. Karena itu, pemerintah perlu memberikan perhatian khusus terhadap pelaku UMKM dalam seluruh kegiatan usahanya.

"Pelaku UMKM juga harus terus diberikan dukungan agar bisa bangkit, karena merupakan tulang punggung perekomian nasional. " tegas senator Lampung tersebut.*

 

Loading...

Artikel Terkait