Nasional

Koki Otonomi Prof Djo Akhirnya Terbit

Oleh : luska - Kamis, 09/07/2020 11:30 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Buku yang amat dinanti pemerhati, praktisi, dan akademisi pemerintahan akhirnya terbit. Sebagaimana pernah dirilis Indonews beberapa waktu lalu, bahwa buku ini diundur peluncurannya gara-gara kondisi Covid -19. Padahal direncanakan tepat pada Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah yakni 25 April 2020 lalu. Namun, pada akhirnya buku yang memuat kisah hidup dan pemikiran Pakar Otonomi Daerah Profesor Djohermansyah Djohan sudah mulai beredar senin lalu (06/07) di seluruh toko buku se-Indonesia. Koki Otonomi ditulis dengan apik dengan bahasa dan alur yang enak mengalir oleh Prof Djo dan Jose Rizal.

Pimred Indonews Asri Hadi merasa beruntung telah mendapatkan buku Koki Otonomi : Kisah Anak Sekolah Pamong yang diterbitkan oleh Penerbit Kompas langsung dari tangan penulisnya, Jose Rizal. (09/07)

Dalam bincang-bincangnya, Jose Rizal yang sehari-hari bertugas di IPDN Kampus Jakarta mengungkapkan kisah di balik terbitnya buku Koki Otonomi ini. 

“Menulisnya sejak setahun lalu, saya sangat terbantu dengan gaya komunikasi Prof Djo yang terbuka dan blak-blakan. Sehingga buku ini pun bisa megungkap sisi briliannya Prof Djo sekaligus sifat humanis beliau, yang ada bandel-bandelnya, kisah cinta monyet dengan kawan sekolah, hobi makan, konflik batin, political office, dan seterusnya.” Ungkap Jose yang juga dikenal sebagai penulis buku biografi dengan menggandeng penerbit ternama.

Lebih jauh, alumni angkatan 07 STPDN (1999) yang telah berpengalaman bertugas di daerah ini mengatakan bahwa buku Koki Otonomi sangat bermanfaat bagi praktisi dan pemerhati pemerintahan, 

“Prof Djo telah menyaksikan dan merasakan bagaimana perjalanan desentralisasi pemerintahan sejak era Soekarno hingga kini senantiasa cemerlang memberi solusi  atas keruwetan persoalan otonomi daerah. Semasa kecil beliau telah mengamati dan memikirkan bagaimana pergolakan daerah terjadi. Hal itu menjadi inspirasi dalam benak beliau untuk meminati dan menggeluti ilmu otonomi daerah sampai melanglang buana dan terlibat dalam tim perumus sejumlah produk hukum terkait Otda.” kata kandidat Doktor Ilmu Pemerintahan yang aktif menulis opini dan sebagai kontributor media cetak/online ini.

“Nah, pada implementasinya terjadi dinamika yang memerlukan kebijakan tersendiri, Banyak hal-hal, behind the screen, yang belum pernah ditayangkan dan terungkap di media selama ini. Semua itu alhamdulilah dapat disajikan dalam buku Koki Otonomi yang sekarang ada di tangan Pak Asri itu.” Pungkas Jose yang juga kerap memenangkan lomba menulis ini sembari tersenyum.  

Buku Koki Otonomi: Kisah Anak Sekolah Pamong berlabel harga Rp 115.000 dengan jumlah 512 Halaman dapat diperoleh di toko buku, online, atau bila ingin mendapat buku yang bertandatangan kedua penulis dapat menghubungi Jose Rizal di nomor WA : 081363414488. (Lka)

Loading...

Artikel Terkait