Bisnis

Gemar Baca, Megawati Sebut RR Seperti Bung Karno

Oleh : very - Senin, 13/07/2020 13:29 WIB

Megawati Soekarnoputri bersama Rizal Ramli. (Foto: JPNN)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan bahwa Presiden Pertama RI Soekarno adalah seorang yang gemar membaca. Soekarno sudah gemar membaca sejak masih muda.

Demikian juga dengan Rizal Ramli yang gemar membaca. Bahkan Megawati Soekarnoputri pernah menyebutkan Rizal Ramli seperti ayahnya, Soekarno, yang kemana-mana selalu membawa buku.

Rizal mengatakan bahwa Presiden Kedua RI Soeharto, dan Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid, juga memiliki hobi membaca.

"Soekarno banyak baca sejak muda. Mega pernah bilang ke RR: Kamu kaya bapak, dimana2 buku, bahkan di toilet’. Soeharto baca sekitar 200 hal memo notes par hari. Gus Dur baca semua sebelum ada masalah mata, setelah itu kita gantian bacain dan brief. Buku jendela dunia," twit Rizal di akun Twitter @RamliRizal, Sabtu (11/7).

Dalam sebuah percakapan, Megawati Soekarnoputri juga mengingatkan bahwa Rizal Ramli tidak sabaran seperti ayahnya. "Mega pernah katakan tahun 2001, ‘Rizal kamu kayak bapak, dimana-mana buku, ndak sabaran’. Saya jawab, ‘Kalo Bung Karno dan tokoh2 kemerdekaan sabar, sampai hari ini Indonesia belum akan merdeka’," tuit Rizal.

Rizal Ramli juga mengatakan bahwa dirinya, dan juga para tokoh pergerakan tidak bisa menahan kemarahan melihat kesusahan rakyat. "Orang-orang pergerakan susah menahan sabar lihat bangsanya makin nyungsep & KKN," ujarnya. (Very)

Artikel Terkait