Bisnis

Jokowi Ajak Beli Produk Dalam Negeri, Rizal Ramli: Harus Ubah Kebijakan, Jangan Asal Imbau

Oleh : very - Kamis, 13/08/2020 09:37 WIB

Ekonom Senior Rizal Ramli (istimewa)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Ekonom senior Rizal Ramli menanggapi imbauan Presiden RI Joko Widodo yang mengajak memborong produk lokal. Hal tersebut, kata Presiden Jokowi, dilakukan agar Indonesia tidak jatuh ke jurang resesi.

Mantan Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur itu mengatakan imbauan tersebut ngasal. Pasalnya, imbauan tersebut berbeda dengan kebijakan pemerintah.

"Inilah contoh himbauan ngasal. Track record kebijakan justru sangat pro-impor. Ubah kebijakannya, lebih penting dari sekedar himbauan !" tulis Rizal Ramli melalui akun Twitter pribadinya, @RamliRizak yang diunggah kemarin, Rabu (12/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan angka pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 terkontraksi ke minus 5,32%. Untuk mencegah pertumbuhan ekonomi kembali minus di kuartal III-2020, Jokowi mengajak untuk menggerakkan perputaran roda perekonomian.

"Pada kuartal kedua, ekonomi kita telah terkontraksi secara tajam yaitu minus 5,32%. Tapi kita tidak boleh menyerah, kita harus betul-betul upaya agar di kuartal ketiga kita harus bangkit. Kita bisa reborn sehingga kita tidak jatuh ke jurang resesi," kata Jokowi dilansir detik.com.

Caranya, kembali kata Presiden, yaitu belanja produk-produk petani dan nelayan dalam negeri, serta produk dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Roda perekonomian harus bisa bergerak lagi dengan cara apa? Dengan cara membeli produk-produk buatan dalam negeri. Membeli produk-produk petani, membeli produk nelayan, membeli produk-produk UMKM," pungkas Jokowi. (Very)

 

Loading...

Artikel Terkait