Pojok Istana

Bagikan Banpres Kepada UMKM, Jokowi : Ini Hibah Bukan Pinjaman

Oleh : Ronald - Senin, 24/08/2020 17:50 WIB

Presiden Joko Widodo (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo, memberikan bantuan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui program dana hibah atau bantuan langsung tunai di Istana Negara, Jakarta, Senin (24/08/2020). Program bantuan presiden (banpres) ini dimaksudkan untuk membantu para pengusaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Jokowi, nantinya setiap pelaku UMKM mendapatkan bantuan sebesar Rp2.4 juta yang akan langsung ditransfer ke rekening pelaku usaha.

"Banpres ini adalah hibah, bukan pinjaman. Saya harap digunakan untuk tambahan modal, untuk nambah barang dagangan," kata Jokowi.

 

Dia menyadari bahwa pandemi Covid-19 membuat pendapatan dan keuntungan pelaku usaha mikro dan kecil menjadi menurun. Kendati begitu, Jokowi mengatakan kondisi ini juga dialami oleh pelaku usaha besar.

"Ini juga tidak hanya dialami oleh pelaku usaha di Indonesia, tapi di seluruh dunia. 215 negara semuanya mengalami hal yang sama," ucapnya.

Ia pun meminta, agar banpres ini digunakan untuk hal produktif bukan untuk konsumtif. 

"Saya titip agar banpres produktif ini dipakai sebaik-baiknya dalam membantu suaha bapak ibu sekalian. Jangan dipakai untuk hal2-hal yang tidak bermanfaat, yang konsumtif, tapi dipakai untuk hal-hal  yang produktif," ujarnya. 

Jokowi menyebutkan, tepat di hari peluncuran ini banpres tersebut sudah disalurkan kepada 1 juta pelaku usaha mikro kecil. Selanjutnya, banpres akan terus dibagikan secara bertahap.

"Kita harap nanti di akhir Agustus akan dibagi ke 4,5 juta. Akhir September 9,1 juta. Setelah itu 12 juta. Totalnya 12 juta usaha mikro kecil diberikan banpres ini," tandasnya. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait