Nasional

Rakor Pembina Samsat, Pudji: Tinggalkan Gaya Pelayanan Konvensional

Oleh : luska - Senin, 30/11/2020 07:05 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Menyonsong Era Digital, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat koordinasi pembina Samsat tingkat Nasional tahun 2020 untuk menyatukan persepsi dalam mewujudkan pelayanan Samsat berbasis IT kepada masyarakat. Rakor berlangsung tanggal 26-27 November 2020 di JW Marriott Hotel Kuningan Jakarta.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi Polri, khususnya Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) pada pelaksanaan Rakor Pembina Samsat Nasional tahun 2020 dalam upaya Polri membangun pelayanan publik berbasis IT yang bertema Pelayanan Prima di Era Digital Menuju Indonesia Maju, dimana kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolri Jendral Idham Azis melalui video virtual yang diikuti seluruh Pembina Samsat seluruh Indonesia.

“Produk pelayanan publik berbasis teknologi dengan berbagai inovasi merupakan langkah tepat mengingat saat ini sudah berada dalam era teknologi Industri 4.0 sehingga menuntut Polri memeberikan pelayanan maksimal dalam memproses pengolahan data secara on-time dan real-time melalui jaringan internet” Ungkap mantan Kakorlantas Pol Irjen Pol (purn) Drs Pudji Hartanto yang saat ini menjabat sebagai Anggota Kompolnas RI.

Menurut Pudji, Polri terlebih khusus Polantas seharusnya mulai meninggalkan pelayanan konvensional yang terkenal dengan antri, lama dan berbelit-belit, terlebih di situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belom berakhir mengharuskan adanya perubahan pada pelayanan publik.

“Keuntungan inovasi berbasis teknologi diera digital bagi Polri khususnya Polantas dan pemerintah pada umumnya adalah Efisiensi biaya dan waktu, misalkan pelayanan konvensional menggunakan kertas menjadi paperless dan durasi pelayanan menjadi ringkas dengan memotong birokrasi yang tidak perlu” Ungkap Pudji. (Lka)

Artikel Terkait