Pojok Istana

Jokowi Tegaskan Dirinya Akan Jadi Orang Pertama Yang Divaksin

Oleh : Ronald - Rabu, 16/12/2020 16:59 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa ia akan menjadi orang pertama yang diberi vaksin Covid-19. Menurut Jokowi, hal ini guna memberikan kepercayaan kepada masyarakat, jika vaksin yang digunakan aman.

"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Mantan Walikota Solo itu juga memastikan, jika vaksin Covid-19 untuk masyarakat Indonesia akan diberikan secara gratis. Hal itu, menurutnya, setelah menerima masukan dari kalangan masyarakat dan kalkulasi keuangan negara.

"Dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Jokowi.

Atas keputusan ini, Jokowi menginstruksikan seluruh jajarannya di kementerian/lembaga serta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Ia juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain untuk ketersediaan dan vaksinasi gratis.

"Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait