Nasional

Kecewa! Jokowi: Kita Omong Apa Adanya, PPKM Tak Efektif

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 01/02/2021 09:59 WIB

Presiden Jokowi (Foto: Antara)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode 11 Januari hingga 25 Januari di Jawa dan Bali tidak berjalan efektif. Sebab penularan COVID-19 masih tinggi.

Demikian disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas yang digelar bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju pada Jumat (29/1) di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Mereka membahas pendisiplinan melawan COVID-19.

"Saya ingin menyampaikan yang berkaitan dengan PPKM tanggal 11 Januari sampai 25 Januari, kita harus ngomong apa adanya, ini tak efektif," kata Jokowi.

Rapat itu dihadiri Seskab Pramono Anung, Menko Maritim dan Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jokowi mengatakan, implementasi di lapangan, mobilitas masyarakat masih tinggi meski ada penerapan PPKM. Padahal, esensi PPKM sendiri adalah membatasi mobilitas masyarakat.

"Namanya saja kan pembatasan kegiatan masyarakat. Tetapi yang saya lihat implementasinya kita tidak tegas dan tidak konsisten," tegas Jokowi.*

Artikel Terkait