Daerah

Bupati Tanah Datar Letakkan batu pertama Pembangunan Gedung Serbaguna SMP No 2 Batusangkar

Oleh : luska - Selasa, 02/02/2021 09:02 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma  letakan batu pertama pembangunan gedung majelis guru dan ruang serbaguna di SMPN 2 Batusangkar dengan rencana anggaran sampai selesai sebesar Rp 1,2 milyar. 

Peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri anggota Forkopimda Tanah Datar, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BKPSDM, OPD di lingkup Pemda Tanah Datar, Camat Lima Kaum, Kepsek beberapa sekolah di Kota Batusangkar, mantan kepsek dan mantan guru SMPN N 2 Batusnagkar

Sebelumnya Ketua Komite SMP N 2 Batusangkar Eri Munafri menyampaikan, gagasan untuk pembangunan gedung majelis guru dan ruang serbaguna didasari atas kebutuhan bagi siswa dan majelis guru. “Inisiatif diawali karena keterbatasan mushalla yang hanya bisa menampung 120 orang,   
sedangkan siswa kita ada 700 sehingga ketika shalat Dzuhur harus dilaksanakan bergantian sehingga terkadang waktu pembelajaranpun terpakai untuk shalat, nah dengan adanya ruang serbaguna ini nantinya diharapkan salahsatu manfaatnya untuk tempat shalat dzuhur berjamaah,”

Ide ini mendapat respon yang sangat baik dari komite, orang tua, wali murid dan para alumni. “Berdasarkan sumbangan komite bersama orang tua dan wali murid, kita mengumpulkan dana sebesar Rp.95 juta-an, sedangkan majelis guru awalnya menyumbang Rp.65 juta, namun setelah itu bertambah lagi dan juga bisa berjumlah hampir sama dengan komite, sehingga total dana awal ada Rp.180 jutaan dari RAB yang direncanakan Rp 1,2 Milyar,” 

Harapan yang sama juga disampaikan Kepala Sekolah SMP N 2 Batusangkar Mukhlis menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak, sehingga pembangunan gedung majelis guru dan ruang serba guna bisa dilaksanakan. “Pihak sekolah hanya mampu merencanakan dan melihat skala kebutuhan yang ada untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah. Karena itu berkat dukungan komite, alumni, donatur atau pihak lainnya, atas nama sekolah diucapkan terima kasih,” . 

Sementara itu Bupati tanahdatar Zuldafri Darma mengakui Kekurangan dan keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjadikan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar memfokuskan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan terus lakukan terobosan dan perhatian di bidang pendidikan setiap tahunnya. 

Disamping  menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas inisiatif pelaksanaan pembangunan gedung di SMP N 2 Batusangkar. “Sebagai Bupati dan juga alumni SMP ini, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggi atas upaya yang dilakukan komite, guru, alumni ataupun donatur lainnya. Ini membantu pemerintah daerah yang saat ini anggarannya masih sangat terbatas, karena tahun ini masih tersedot dalam penanganan Covid-19, namun tentu ke depan dengan kebersamaan dan dukungan kita semua tentunya keinginan kita untuk menyelesaikan gedung ini dapat terlaksana dengan baik, Insya Allah,” 

Sedang  perwakilan Alumni Anton Yondra yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan rencana pembangunan gedung itu. “Selaku alumni dan wakil ketua DPRD mendukung kegiatan ini, Insya Allah, saya akan membantu melalui dana Pokir anggota DPRD,”  

Disamping meminta  semua pihak terkait turut mendukung dan membantu, terutama para alumni yang banyak berhasil membantu melalui ikatan alumni angkatan masing-masing. “Dari alumni dari tahun 70-an sampai sekarang minimal bisa menyumbang Rp.2 juta per angkatan, tentu juga akan sangat berarti bagi pembangunan ini (M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait