Daerah

Kepala MTsN 5 Tanah Datar Raih Lima Besar Penilaian Kinerja Madrasah Tingkat Sumatera Barat

Oleh : luska - Jum'at, 19/03/2021 11:38 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID -Keberhasilan Kepala MTsN 5 Tanah Datar (Paninjauan) Drs H Tarmizi  meraih penghargaan terbaik V penilaian Kinerja Madrasah Tingkat Sumatera barat bukan datang begitu saja tapi merupakan buah kerjakeras dari Kepala Sekolah, Dukungan  seluruh Guru dan Komite Sekolah.

 Hal itu diungkapkan Kepala kementerian agama  Kabupaten Tanah Datar H. Syahrul waktu menyerahkan Piagam Penghargaan Terbaik V dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tingkat Prov. Sumatera Barat kepada H. Tarmizi Kepala MTsN. 5 Tanah Datar Paninjauan di ruang pertemuan Madrasah tersebut dan penyerahan itu juga disaksikan   camat X Koto diwakili Babinsa Paninjauan Hennry. G, Walinagari Paninjauan diwakili Armin Asril Taufik HB, Ketua Komite MTsN.5 Tanah Datar Paninjauan Z. Datuak Tanbijo, Ketua BPRN  Z. Labai Sutan dan Kepala KUA X Koto Bisri Samsuri

Dari 112 Kepala Madrasah yang ada di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan Kepala MTsN. 5 Tanah Datar Paninjauan berhasil meraih peringkat V tingkat Sumatera Barat dari  112 Kepala Madrasah  yang mengikuti lomba Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) se Sumatera Barat dan meraih.h prestasi di bidang Pendidikan tingkat Provinsi Sumatera Barat tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan, tapi merupakan buah kerjakeras yang telah dilakukannya dalam memajukan perkembangan Pendidikan di sekolah ini.
  
Kemudian dia juga menyampaikan aspresiasi atas kemajuan dan usaha keras yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kwalitas pendidikannya di MTsN 5 Tanahdatar (Paninjauan) dan telah mampu meningkatkan jumlah siswanya yang kini sudah mencapai 318 orang dan siswa yang cukup banyak dibandingkan dengan sekolah lainnya di Kecamatan X Koto bahkan kepercayaan masyarakat untuk memasukan anaknya kesekolah ini cukup besar tidak saja dari Kecamatan X Koto, Batipuh dan juga berasal dari luar Kabupaten Tanahdatar seperti Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaen Sijunjuang.
  
Disamping juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Komite MTsN 5 Tanahdatar (Paninjauan) yang sedang berusaha merintis pembangunan asrama  untuk siswa MTsN 5 Tanahdatar yang sudah menelan biaya sebesar Rp 101 juta lebih dari rencana biaya sebesar Rp 3,2 milyar dan juga siap mendukung rencana pembangunan tersebut karena ini akan mampu menjadi icon sekolah MTsN 5 Tanahdatar (Paninjaun) dan juga meminta kepala sekolah dan Komite bersama perantaunya membangun gerbang masuk sekolah MTsN 5 Tanahdatar (paninjauan) dan gerbang ini juga akan mendukung kemajuan sekolah tegasnya lagi.

Sementara Kepala MTsN.5 Tanah Datar Paninjauan H. Tarmizi menyampaikan terima kasih atas dukungan dan pembinaan yang dilakukan Kepala Kementerian agama Tanahdatar dan Komite sekolah serta dukungan dari seluruh Guru MTsN 5 Tanah Datar (paninjauan) karena dirinya yakin tanpa dukungan dan kerjasama ini mustahil prestasi itu bisa kita peroleh  meraih prestasi lima ditingkat Sumatera Barat. 

Melalui kerjasama itu pulalah dari tahun ketahun perkembangan MTsN 5 Tanahdatar (Paninjauan) terus meningkat  termasuk jumlah siswa yang kita terima dan  tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 388 orang , tenaga pendidik dan kependidikan  50 orang dan penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 163 orang dengan 16 lokal belajar.    

Sementara jumlah  siswa tahun pelajaran 2019/2020 hanya 342 orang siswa dengan 15 lokal belajar. Jadi MTsN 5 Tanah Datar Paninjauan semakin menggeliat dan berkembang. Saat ini madrasah tersebut masih membutuhkan 2 lokal belajar  disamping itu kita sedang membangun asrama untuk siswa madrasahnya.

Pembangunan tahap pertama sudah dibangun pondasi dasar dengan menelan biaya Rp. 102 juta berasal dari sumbangan masyarakat Paninjauan dan warga perantau. Madrasah tersebut masih membutuhkan sumbangan dari masyarakat dan warga perantau untu kelanjutan pembangunan Asrama itu dari rencana biaya sebesar Rp 3,2 milyar.

Walaupun Asrama masih dalam tahap BBM pertama tapi siswa penghuni asrama sudah ada sebanyak 33 orang siswa, siswa laki laki 12 orang dan siswa perempuan 21 orang dan mereka yang tinggal tersebut berasal dari Dharmasraya dan juga dari Nagari yang berasal dari Kecamatan X Koto dan semua anak yang tinggal diasrama  kita fokuskan untuk meningkatkan hapalan tahfidz dengan target setelah mereka tamat nanti bisa hapalan menimal lima juz dan peningkatan hapalan itu juga sebagai bukti komitmen kita dalam meningkatkan program unggulan MTsN 5 Tanahdatar (Paninjauan) .

 Sedangkan Ketua Komite MTsN 5 Tanahdatar (Paninjauan) Z. Datuak Tanbijo  juga menyampaikan rasa bangga dan harunya karena tidak menyangka sedikitpun sekolah MTsN 5 Tanahdatar (Paninjauan) bisa meraih juara lima di Sumatera barat yang diraih oleh Kepala MTsN 5 Tanahdatar (Paninjauan) dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) se Sumatera Barat dan keberhasilan itu kami rasakan karena ketulusan dan kerjasama yang baik dilakukan oleh Kepala Sekolah bersama seluruh guru termasuk dengan pengurus Komite sehingga dengan kerjasama yang baik itu berbagai  inovasi dan kegiatan dilakukan oleh sekolah selalu berjalan dengan baik termasuk upaya kita saat ini sedang membangun asrama untuk siswa MTsN 5 Tanahdatar (Paninjauan).

walaupun masih dalam perjuangan tapi kami yakin dengan semangat kebersamaan yang dibangun dan dukungan perantau mudahan asrama yang kami rencanakan ini bisa terwujud disamping juga dukungan dari Kepala Kementerian agama tanahdatar.

Dalam rangkaian penyerahan piagam penghargaan tersebut Kepala Kementerian agama Tanahdatar H Syahrul juga meninjau pondasi  pembangunan asrama dan juga melakukan dialoq dengan siswa MTsN 5 Tanahdatar yang tinggal diasrama tersebut dan juga memotivasi siswanya untuk berlajar dengan rajin dan meningkatkan hapalan tahfidznya.(M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait