Daerah

Sekitar 80 Rumah dan Sarana Ibadah Rusak Akibat Angin Kencang

Oleh : luska - Jum'at, 02/04/2021 12:03 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID --Sekitar  80 bangunan rumah, tempat ibadah maupun sarana lain mengalami kerusakan akibat angin Kencang yang terjadi di Tanah Datar sejak malam sampai jelang subuh.

Akibat angin kencang itu banyak rumah masyarakat terutama atap yang lepas atau bahkan tertimpa pepohonan. menyebabkan kerusakan di beberapa tempat termasuk di Kabupaten Tanah Datar.

Hal itu dibenarkan  Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian seusai langsung meninjau beberapa lokasi yang terkena bencana di antaranya Jorong Sijangek Nagari Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab dan Nagari Supayang Kecamatan Salimpaung, 

“Atas nama pemerintah daerah, kita menyampaikan turut berduka atas musibah ini, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dan sebagai bentuk kepedulian, ada bantuan awal dari pemerintah daerah dan Baznas berupa sembako,” ungkap Richi saat menyerahkan bantuan kepada Syahrial pemilik rumah di Jorong Sijangek Nagari Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab.

Richi juga menyebutkan informasi BMKG kondisi angin kencang diperkirakan berlangsung hingga pertengahan bulan April.

“Mari kita tingkatkan kewaspadaan, mengingat kondisi alam yang tidak menentu saat ini terutama angin kencang yang bisa mendatangkan kerugian bahkan bisa mengancam jiwa,”

Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada petugas, relawan, satgas nagari bersama masyarakat yang sudah bersama-sama saling bahu membahu membantu warga yang tertimpa musibah maupun membersihkan jalur lalu lintas yang terhalang akibat tumbangnya pohon.

Wabup Richi menyebutkan pemerintah daerah bersama Baznas akan memberi bantuan kepada warga yang tertimpa musibah. “Sampai malam ini, tim masih bekerja di lapangan baik membantu membersihkan jalan, rumah warga maupun mendata kerusakan dengan harapan jika datanya lengkap bantuan bisa segera disalurkan secara merata,” 

Ketua Baznas Yasmansyah mengatakan Baznas siap mendukung pemerintah daerah dalam membantu masyarakat. “Baznas saat ini punya program Baznas Tanggap Bencana, meringankan beban warga yang terkena musibah bencana alam,” 

Sementara Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam. “Agar pemerintah daerah melalui dinas terkait meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk waspada terhadap berbagai potensi bencana alam,” sampainya.

Untuk bantuan rehab rumah, sebut Rony, DPRD mendukung penuh pemanfaatan anggaran yang ada.

Kunjungan wabub juga didampingi anggota DPRD Surva Hutri, Plh. Sekda Edi Susanto, Kalaksa BPBD Thamrin, Kadis Sosial Yuhardi, Kadis Perkim LH Dessy Trikorina, Kadis PU Novi Hendri, Camat Sungai Tarab Afrizal dan Camat Salimpaung Abramis Yuzi.(M.Datuk)

Loading...
TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait