Daerah

Cagar Budaya Benteng Van Der Capellen Dipersiapkan Menjadi Museum

Oleh : luska - Sabtu, 24/04/2021 12:30 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID ----- Cagar Budaya Benteng Van Der Capellen Dipersiapkan Menjadi Museum karena didukung dengan potensi sejarahnya dan master plannya juga telah disiapkan sejak tahun 2013 oleh Kemendikbud RI.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH  kepada Sekretaris Dirjen Kebudayaan Fitra Arda, Kapokja Penetapan  M Ridwan Natsir Muslim dan Kapokja Inventarisasi Dewi Kurnianingsih dalam konsultasi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) di Jakarta dan  Wakil Bupati Tanahdatar  Richi Aprian  didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Bidang Kebudayaan Abrar Mukhlis dan Kepala Kesbangpol Tanah Datar Irwan.

Dalam Konsultasi tersebut Wabub memaparkan jika  potensi sejarah yang dimiliki Benteng Van Der Capellen dimanfaatkan secara maksimal, sehingga keberadaannya dapat menjadi wadah edukasi bagi generasi muda ke depannya dan  Bangunan itu   berdiri antara tahun 1822-1826 menjadi bukti sejarah jaman penjajahan. Dahulunya, bangunan ini difungsikan sebagai benteng pertahanan tentara kolonial.

Saat ini,   Benteng Van Der Capellen sejak tahun 2010 sudah ditetapkan   sebagai cagar budaya dan difungsikan menjadi unit kantor, walaupun demikian bentuk fisik bangunan tersebut secara umum tidak mengalami perubahan sama sekali.

Kemudian secara tekenis terkait Revitalisasi Benteng Van Der Capellen, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar segera menindaklanjutinya persiapan secara internal guna percepatan terwujudnya Museum Situs Benteng Van Der Capellen," ujar Wabup Richi yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Bidang Kebudayaan Abrar Mukhlis dan Kepala Kesbangpol Tanah Datar Irwan.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Kebudayaan Fitra Arda menyambut baik niat pemerintah daerah Tanah Datar menjadikan Benteng Van Der Capellen menjadi Museum Situs Benteng Van Der Capellen sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat akan sejarah yang terjadi di masa lalu. "Kita mendukung niat Pemerintah Kabupaten Tanah Datar ini. Berkolaborasi dengan semua pihak terkait, mudah-mudahan impian ini dapat terlaksana secepatnya (M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait