Sosok

Toriq Hadad: Pribadi Sederhana dengan Integritas Mendarah Daging

Oleh : indonews - Senin, 10/05/2021 17:59 WIB

Toriq Hadad, Mantan Pemimpin Redaksi Majalah Tempo. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Almarhum Toriq Hadad, adik kelasku dua tahun di SMPN 1 dan SMA Katolik Sugijapranata Kota Pasuruan.

Kami bertemu kembali ketika saya mulai bekerja di Majalah Tempo pada 1987.

Di batu nisan sementara tertulis Toriq bin Abdul Kadir Alhaddad (kakek almarhum).

Toriq adalah putera almarhum Habib Thaha Alhaddad, putera nomor 3 Habib Abdul Kadir Alhaddad (yang meninggal di Saudi Arabia ketika Toriq menjelang pelantikan sarjana IPB) dan ibu Syarifah Fadilla binti Ibrahim Yahya asal Pekalongan yang masih kerabat ulama ahlus sunnah wal jamaah Dr HC Mohammad Lutfi Yahya yang juga ketua Majelis Ulama Jawa Tengah.

Bapak Ismid Haddad, 81 tahun (paman Toriq, putera no.6 Habib Abdul Kadir) adalah pendiri LP3ES dan pemimpin redaksi Majalah Prisma sejak 1975. Puteri Habib Abdul Kadir no 8 almarhumah Anissa Haddad adalah tante Toriq Haddad yang juga isteri Fikri Jufri Tempo, kini 84 tahun.

Pada foto bertiga di makam Toriq terlihat Amir Haddad (adik Toriq berusia 58 tahun), Tini Haddad (isteri Pak Ismid) dan Pak Ismid Haddad.

Saya mengenal dengan baik keluarga Alhadad dan Algadri di kota Pasuruan. Semoga almarhum Toriq Hadad bahagia di sorga. Alfatihah. (Bachtiar Abdullah, Jakarta 9 Mei 2021).

 

Artikel Terkait