Daerah

Paripurna DPRD Secara Virtual, Wabup Richi Aprian Sampaikan Jawaban Bupati Atas Pemandangan Umum Fraksi

Oleh : luska - Sabtu, 12/06/2021 09:09 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Tanah Datar laksanakan  Sidang Paripurna  secara Virtual tentang Jawaban Bupati atas pemandangan umum Fraksi terhadap nota penjelasan Bupati tentang Ranperda pertangungjawaban APBD Tahun 2020

Sidang paripurna dipimpin Wakil Ketua Saidani didampingi Wakil Ketua DPRD Anton Yondra dan Sekretaris Dewan  Elizar.

Sementara Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Kabag mengikuti secara virtual dari aula kantor bupati

Dalam sidang tersebut Wakil Bupati Tanah Datar Richi Adrian menjelaskan beberapa tanggapan atas pemandangan dari beberapa fraksi pada sidang paripurna sebelumnya.

Seperti halnya pemandangan fraksi yang menyoroti pengunaan dana dan penanganan Covid-19, realisasi pendapatan daerah, target pencapaian pajak hingga upaya OPD dalam meningkatkan PAD Tanah Datar.

Terkait realisasi pendapatan daerah tahun anggaran 2020, Wabup Richi menjelaskan bahwa pendapatan di tahun tersebut sebesar 98,49 % adalah upaya maksimal yang dilakukan pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan daerah. 

“Untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah daerah akan selalu berupaya menggali seluruh potensi PAD sehingga dapat dioptimalkan realisasinya,” ujar Wabup Richi.

Untuk pembangunan poliklinik RSUD M. Ali Hanafiah, Wabup Richi mengatakan proses kelanjutannya di tahun 2020 dan 2021 diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Namun, belum terealisasi karena kebijakan DAK hanya untuk 1 tahun. “Saat ini lantai satu sudah dimanfaatkan dan proses penyelesaiannya mengunakan sisa DAK tahun 2018,” ujar Wabup Richi.

Menyangkut agar pelayanan di RSUD Ali Hanafiah lebih baik, cepat, profesional dan khususnya di apotek, Wabup Richi menjelaskan bahwa biasanya terjadi penumpukan di apotek disebabkan karena melayani resep dari 12 poliklinik dalam waktu bersamaan. Disamping, adanya beberapa obat yang membutuhkan waktu dalam persiapannya.

“Upaya mencegah penumpukan pasien di apotek, poliklinik dapat mengeluarkan resep secara online ke apotik sehingga mengurangi penumpukan pasien di apotek,” ujar Wabup Richi.

Kemudian terkait silpa tahun anggaran 2020 sebesar Rp. 70. 626. 188. 972, 93 sebagian besar bersumber dari sisa dana yang bersifat non fisik, dana BOS, dana BLUD dan dana DID.

“Secara umum seluruh program kegiatan dilaksanakan melalui kajian yang menyeluruh dan komprehensif sesuai dengan peraturan perundang-undangan, melalui beberapa tahapan, hingga pelaksanaannya pun dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala, mulai dari perangkat daerah pengelola kegiatan dan tim P2KP,” ujar Wabup Richi.

Wabup Richi menjelaskan pendanaan pembangunan di Tanah Datar yang masih dominan bersumber dari pemerintah provinsi  dan pemerintah pusat.

“Saat ini, pemerintah daerah sedang melakukan komunikasi dan loby-loby intensif dengan pemerintah provinsi  dan pemerintah pusat. Dengan memaksimalkan usulan melalui DAK baik fisik maupun non fisik, Tugas Pembantuan dari pemerintah pusat, dana hibah khusus serta bantuan bersifat khusus dari pemerintah provinsi," katanya.

Membahas tentang penempatan orang tepat untuk posisi yang tepat, Wabup Richi menjelaskan mutasi, rotasi dan promosi PNS dalam pengisian jabatan struktural teresebut mempedomani peraturan perundang-undangan yang telah berlaku.

“Mutasi, rotasi dan promosi PNS di atur dalam peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil (PNS), PermenPAN dan RB nomor 22 tahun 2021 tentang pola karir PNS dengan memperhatikan lingkup pola karir. Meliputi, jenis jabatan, profil PNS, standar kompetensi ASN dan jalur karir.

Selanjutnya Wabup Richi Aprian menyerahkan jawaban Bupati atas pemandangan umum Fraksi terhadap nota penjelasan Bupati tentang Ranperda pertangung jawaban APBD Tahun 2020 kepada Saidani, didampingi Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra dan dan disaksikan oleh Asisten Pemerintah dan Kesra Suhermen, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Kepala Dinas Kominfo Abrar dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Riswandi. (M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait