Nasional

Indonesia Spice Up the World! KBRI Beijing bersama Restoran MULU Hutong Hadirkan Indonesian Fine Dining Week di Beijing

Oleh : luska - Selasa, 16/08/2022 06:03 WIB

Beijing, INDONEWS.ID - Senin, 15 Agustus 2022, berlokasi di restoran Mulu Hutong, Beijing, Dubes Djauhari Oratmangun dan Ibu Sih Elsiwi Handayani Oratmangun bersama Fungsi Pensosbud KBRI Beijing telah mencicipi 8 (delapan) hidangan khas Indonesia yang diramu dengan teknik masakan Prancis. Dari kelihaian Chef Addison Liew dan bumbu rempah Indonesia, hadirlah kreasi masakan Indonesia dengan penyajian fine dining yang mampu meningkatkan kesan street food menjadi high quality food.

Program yang diinisiasi MULU Global Media (Beijing) Inc. ini dirancang bersama KBRI Beijing untuk mendukung program nasional Indonesia Spice Up the World! dengan maksud mengedukasi para pencinta kuliner lokal dan internasional dalam memahami kompleksitas rasa masakan Indonesia. Program ini rencananya akan diluncurkan pada 16-31 Agustus 2022 dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI sekaligus mempromosikan high-end tourism di Indonesia.

Dalam kegiatan ini Chef Addison Liew dari Mulu Hutong telah mendapatkan bimbingan dari Chef Yono Purnomo yang berbasis di Amerika Serikat. Chef Yono Purnomo adalah salah satu duta kuliner fine dining Indonesia yang sukses membesarkan nama dan restorannya Yono’s di kota New York selama kurang lebih 43 tahun.

Sajian gado-gado dalam balutan kerupuk udang sakura, ditemani wedang citrus kalamansi memberikan kejutan rasa awal yang membuat seluruh tamu yang hadir ketagihan untuk menu berikutnya. Tak kurang sesi pencicipan menu dilanjutkan dengan Otak-otak Amuse Bouche Style dengan Hokkaido Sea Urchin, Gohu ala Manado dengan Acar Vinaigrette, Soto Udang dengan Brittany Blue Lobster dan Wild Matsutake, Opor Arnab dimasak Le Lapin Confit dengan Egg Mimosa, Ikan Woku Belanga dengan Grilled Blue Fin Tuna, Rendang Padang dengan French Charolaise Beef dan Kluwek serta makanan penutup Spekuk, Kolak Pisang dan Sarang Burung Walet sukses memanjakan lidah para tamu dalam sesi kurang lebih 3 jam ini.

Menariknya, seluruh bumbu rempah yang dimanfaatkan dalam proses pembuatan makanan, berasal dari Indonesia. Hal ini juga merupakan keberhasilan seluruh pemangku kepentingan yang mampu memfasilitasi ekspor bumbu rempah Indonesia ke pasar Tiongkok agar dapat dimanfaatkan oleh restoran lokal. Ternyata dari pengalaman ini mensiratkan bahwa paduan rempah Indonesia dan bahan makanan lokal mampu mencapai keseimbangan rasa otentik yang menggugah selera. Tertarik mencoba Indonesian Fine Dining di Beijing? Silahkan menghubungi restoran Mulu Hutong yang juga hadir di Instagram dengan ID @muluhutong.(Lka)


 

Artikel Terkait