Nasional

Meriahnya Gempita Merdeka 78 di KBRI Beijing

Oleh : luska - Sabtu, 19/08/2023 06:10 WIB

Beijing, INDONEWS.ID - Dalam suasana meriah dan penuh semangat, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing merayakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan slogan “Gempita Merdeka 78”. Acara tersebut dihadiri oleh Duta Besar negara sahabat, para tamu kehormatan, dan masyarakat Indonesia, guiqiao (orang asli berdarah Tiongkok namun lahir di Indonesia dan akhirnya kembali ke Tiongkok), diaspora dan Indonesianis lainnya yang tinggal di Beijing dan sekitarnya.

Duta Besar RI Djauhari Oratmangun, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan atas momentum perayaan kemerdekaan yang ke-78. Dubes Djauhari menekankan pentingnya mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan serta pejuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Tema peringatan kali ini, “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” mencerminkan semangat persatuan dan perwujudan harapan menuju Indonesia yang lebih maju di masa depan.

“Di sore hari yang cerah ini, KBRI Beijing menyelenggarakan “Gempita Merdeka 78” sebagai bentuk rasa syukur atas capaian-capaian yang telah diraih Bangsa Indonesia. Peran bapak/ ibu sekalian WNI, adik-adik mahasiswa, para professional, diaspora, Guiqiao dan lain-lain tak kenal lelah dalam mendukung upaya peningkatan people-to-people contact antara kedua bangsa besar ini: Indonesia dan Tiongkok,“ ujar Dubes Djauhari.

Dubes Djauhari dalam sambutannya juga menyampaikan mengenai kunjungan Presiden RI, Bapak Joko Widodo dan Ibu Iriana, ke kota Chengdu pada bulan Juli lalu. Dalam kurun waktu singkat, pertemuan tatap muka antara kedua pemimpin negara telah dilakukan sebanyak tiga kali, kunjungan ini mencerminkan kedekatan hubungan antara Indonesia dan Tiongkok. Peringatan 10 tahun Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Tiongkok juga menjadi bagian penting dari hubungan bilateral ini.

Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh KBRI Beijing dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78. Di antaranya adalah 
Pada tanggal 10 Agustus 2023, KBRI Beijing mengadakan acara ramah tamah dengan Guiqiao Indonesia di Wisma Duta, sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kontribusi masyarakat Indonesia di Tiongkok.
Pada tanggal 13 Agustus 2023, diselenggarakan acara sepeda gembira dan perlombaan sebagai bentuk semangat olahraga dan kebersamaan.
Pada pagi hari tanggal 17 Agustus 2023, KBRI Beijing menggelar Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan khidmat, sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang kemerdekaan. Terdapat sekitar 250 orang menghadiri upacara tersebut termasuk masyarakat Indonesia, mahasiswa, Guiqiao, diaspora dan Indonesianis termasuk Youtuber Rudy Chen dan Jerome Polin beserta Waseda Boys.

Acara “Gempita Merdeka 78” diselenggarakan sebagai wujud syukur atas pencapaian bangsa Indonesia. Selain itu, acara tersebut menjadi sarana untuk mengajak seluruh warga masyarakat Indonesia di Tiongkok untuk tetap bekerja sama dalam menjunjung nilai-nilai positif demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju, sejahtera, inklusif, dan berkelanjutan.

Kegiatan ini juga menjadi ajang apresiasi terhadap seni, budaya, kuliner, dan produk Indonesia, yang dapat dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Penampilan dari berbagai seniman dan budayawan seperti Dharma Oratmangun, Angela Valencia (pemain biola yang tahun lalu tampil di Istana Negara saat Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI), Elvi Zubay, Bung Karno, Huaxia Culture Promotion Association, Tim kesenian Guiqiao, dan lainnya, turut menghiasi acara tersebut.

Melalui serangkaian acara yang diadakan dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, diharapkan dapat semakin mempererat tali silaturahmi dan memperkuat persatuan serta persaudaraan di antara seluruh warga negara Indonesia. KBRI Beijing dan masyarakat Indonesia di Tiongkok bersama-sama mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, serta berkomitmen untuk terus membangun Indonesia yang lebih baik, maju, dan sejahtera bagi generasi mendatang.

Artikel Terkait