Opini

Menunggu Titah Sang Ratu

Oleh : luska - Minggu, 08/01/2023 13:39 WIB

Penulis : Asri Hadi (Pemred Indonews.id)

Selasa 10 Januari besok PDIP akan melaksanakan HUT PDIP. Sebagai partai terbesar tentu saja segala gerak gerik PDIP akan menjadi sorotan tidak saja oleh Elite Politik, namun juga oleh sebagian besar rakyat Indonesia.

Apalagi Sekjen PDIP, Hasto Kristianto sudah memberikan signal bahwa Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan siapa Capres yang akan dipilih Ketua Umum PDIP itu pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Februari 2024 mendatang.

Ada 3 hal yang bisa terjadi pada HUT PDIP minggu ini :

Pertama, bisa saja terjadi Megawati belum mengumumkan siapa capres PDIP tahun mendatang. Karena kebiasaan Mega selalu mengumumkan calon presiden pada detik detik terakhir.

Dan menurut orang dalam PDIP,  Mega selalu realistis dengan hasil survey terakhir. Mega tidak akan gegabah memilih calon yang elektabilitasnya rendah meski pun itu putrrinya sendiri. 

Kedua, bisa saja PDIP akan mengusung pasangan Prabowo-Puan. Karena konon kabarnya saat ini Mega harus mentaati "Perjanjian Batu Tulis" antara Mega dengan Prabowo.

Meskipun elektabilitas Prabowo - Puan saat ini masih rendah, namun PDIP dan Gerindra adalah 2 partai besar di Indonesia. Dan masih ada waktu 1 tahun untuk kedua partai besar itu untuk menaikkan elektabilitas Prabowo - Puan.

Ketiga, Mega bisa juga memilih Pasangan Ganjar Pranowo/Erick Thohir sebagai Capres/Cawapres yang diusung PDIP. Karena Pasangan tersebut saat ini Elektabilitas memang paling tinggi.

Meskipun Erick bukan anggota salah satu Parpol namun PDIP tidak perlu bergabung dengan Partai lain.

Dengan prediksi tersebut di atas, maka para elit Politik dan masyarakat harus bersabar dan harap harap cemas  untuk menunggu Titah Sang Ratu. (***)

Artikel Terkait