Daerah

Pj Bupati Maybrat hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

Oleh : luska - Kamis, 25/04/2024 16:15 WIB

Maybrat, INDONEWS.ID - Kamis,25 April 2024, bertempat di Balai Kota Surabaya, Pj Bupati Maybrat Bernhard Rondonuwu menghadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Gubernur, Wali Kota dan Bupati seluruh Indonesia.

Adapun tema dalam peringatan Otonomi Daerah Tahun 2024 kali ini adalah Ptonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat. Adapun Tema Peringatan Hari Otda kali ini merupakan perwujudan dari tekad Indonesia untuk memperkokoh tanggung jawab dan kesadaran pemerintah, termasuk pemerintah daerah untuk membangun keberlanjutan dan pengelolaan Indonesia termasuk Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup.

Dalam Upacara peringatan dipimpin langsung oleh Bapak Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang dalam amanantnya menyampaikan bahwa pemerintah daerah patut berbangga padi hari ini, sebab Hari Otonomi Daerah adalah hari yang terbesar bagi jajaran pemerintahan daerah sama hal dengan adanya HUT TNI maupun HUT Polri. 

“Ujung dari otonomi daerah adalah memberikan kesempatan dengan tambahan kewenangan agar pemerintah daerah mampu mencari terobosan, agar mendapatkan pemasukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).” ujar Tito
 
“PAD yang tinggi akan dapat membiayai pembangunan daerah masing-masing, kemudian dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah masing-masing,” ujarnya.
 
Tito menambahkan momentum peringatan Hari Otda 2024, sebagai introspeksi, dan evaluasi guna meningkatkan inovasi dan terobosan lainnya. “Apalagi saat ini musim Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), maka penyusunan APBD yang benar, dan perencanaan yang benar itu akan menyumbang 70 persen keberhasilan otonomi daerah.
 
Di akhir, ia berharap agar seluruh pemerintah daerah terus melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD.

Diakhir Mendagri mengajak semua pemerintah daerah se Indonesia untuk bekerja lebih baik lagi untuk Indonesia yang lebih baik kedepannya. 
"Selamat melaksanakan dan memperingati Hari Otonomi Daerah, mari kita bekerja lebih baik, melangkah lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik," tutupnya.

Artikel Terkait