Daerah

PTPN IV Regional 4 Latih 20 Peserta PSR

Oleh : karim - Kamis, 25/04/2024 17:07 WIB

PTPN IV Regional 4 Latih 20 Petugas PSR.

Jambi, INDONEWS.ID - Untuk mendukung kesuksesan keberlanjutan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang telah dimulai, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 Jambi, menggelar pelatihan petugas khusus pendamping Kelompok Tani, Koperasi dan Gapoktan yang tengah mengikuti PSR dan menjadi mitra kerja perusahaan BUMN ini.

Petugas teknis PSR yang dilatih sebanyak 20 orang, mereka semua adalah para Asisten Tanaman dari seluruh Kebun-kebun PTPN IV Regional 4 yang tengah bermitra dengan Kelompok Tani, Koperasi dan Gapoktan menjalani program PSR. Mereka di latih diberikan bimbingan diruang Sawit kompleks kantor PTPN, Kamis (25/4/2023).

“”Kalian adalah ujung tombak dilapangan menjadi pendamping dan memberikan bimbingan teknis kepada peserta PSR yang bermitra dengan PTPN IV Regional 4. Rakyat yang ikut PSR merupakan mitra kerja kita, untuk itu berikan bimbingan teknis khususnya soal tanaman sawit selama PSR berlangsung,’” kata Ifri Handi Lubis, Senior Executive Vice President (SEVP) Operation PTPN IV Regional 4 Jambi, saat memberikan arahan di ruang sawit gedung PTPN, Kamis (25/4/2023).

Menurut SEVP Operation, PSR merupakan program strategis nasional pemerintah. PTPN IV berperan dalam mensukseskan ini, makanya tahun ini dan kedepannya punya target luasan PSR. PSR juga merupakan keberlanjutan perkebunan sawit jangka waktu yang panjang. PTPN sendiri telah bermitra dan tengah menjalani program dengan rakyat dalam Kelompok Tani, Gapoktan dan Koperasi.

“Sebagai pendamping kalian harus kreatif dan koordinasi dengan rakyat selaku mitra kerja dan ke bagian tanaman PTPN IV Regional 4. Dengan demikian target kita nanti dalam 1 hektar lahan ada 80 batang pohon sawit dapat menghasilkan 10 ton Tandan Buah Segar (TBS) tiap panen akan dapat tercapai,”” kata Ifri, SEVP Operation.

Diketahui saat ini PTPN IV Regional 4 Jambi, tengah melakukan PSR di kabupaten Batanghari dan Muarojambi di provinsi Jambi. Penanda tangan dengan Kelompok tani, Gapoktan dan Koperasi sebagai tanda dimulai PSR telah di lakukan Selasa, 17 Oktober 2023 lalu..Kebun-kebun sawit milik rakyat dalam naungan KUD Bahar Satria, KT Tani Jaya Reformasi dan KT Mulya Indah di Batanghari dan Muarojambi saat ini tengah jalani proses reflanting sebagai bagian dari PSR.

Artikel Terkait