INDONEWS.ID

  • Sabtu, 07/09/2019 16:30 WIB
  • Sail Nias 2019, Peserta Pelantara-9 Mampir di SMAN I Matauli Pandan, Sibolga

  • Oleh :
    • very
Sail Nias 2019, Peserta Pelantara-9 Mampir di SMAN I Matauli Pandan, Sibolga
Wadansatgas Drs. Safril, M.Si menyerahkan cenderamata kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Jumat (6/9) [Inakoran.com/Ina TV]

Sibolga, INDONEWS.ID -- Peserta kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) tahun 2019, yang terdiri dari Kapal Pemuda Nusantar (KPN), Bela Negara (BN) dan Saka Bahari mengunjungi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Matauli Pandan, yang terletak di Jl. Ki Hajar Dewantara No. 1 Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

SMA Matauli merupakan salah satu dari sekian Rintisan Sekolah Berstandar Internasional yang ada di Sumatera Utara dengan Akreditasi A.

Baca juga : KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia

(Foto bersama sebelum kembali ke KRI Tanjung Kambani [Inakoran.com/Ina TV)

Baca juga : Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel

Lembaga pendidikan ini didirikan tahun 1994 oleh beberapa tokoh nasional antara lain Jend. (Purn). Feisal Tanjung, Dr. Ir Akbar Tandjung, Masdulhak Simatupang, Rinto Harahap, Mesri Pasaribu, dan lain-lain.

Seperti dikutip Inakoran.com, sekitar pukul 15.00 WIB, ratusan peserta Pelantara-9, berangkat menuju lokasi yang berjarak sekitar delapan kilo meter dari Kota Sibolga, dengan menumpang lima truk dan sebuah bus. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai lokasi itu dari dermaga Sibolga, tempat KRI Tanjung Kambani bersandar.

Baca juga : Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat

Tiba di lokasi, rombongan Pelantara-9, disambut dengan antusias oleh para siswa dan guru SMA Matauli serta masyarakat sekitar yang telah menanti di gerbang kompleks sekolah, beberapa jam sebelumnya.

Setelah beristirahat sejenak, di salah satu sudut stadion sekolah itu, para siswa dan peserta Pelantara-9 berbaur dengan para siswa sekolah itu, dalam beberapa kegiatan olahraga seperti sepak bola, basket dan bola volley.

Namun, sebelumnya, Kepala Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli Pandan, Joko Samiaji, menyampaikan orasi singkat tentang berbagai potensi kelautan dan wisata bahari yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, mulai dari Merauke hingga Sabang, dari Pulau Rote hingga Miangas.

Sebelum menutup sambutan singkatnya, Joko Samiaji tidak lupa memperkenalkan secara singkat tentang lembaga pendidikan Matauli Pandan serta para staf pengajar yang saat itu juga hadir di lokasi penyambutan.

Kunjungan singkat yang berlangsung sekitar 3 jam itu ditutup dengan tarian masal Gemufamire dan foto bersama peserta Pelantara-9 dengan para guru dan siswa SMA Matauli Pandan.

Sebagai kenang-kenangan, Pelantara-9 menyerahkan pelakat sebagai cenderamata kepada Kepala SMA Matauli Pandan, yang diserahkan oleh Wadansatgas Drs. Safril, M.Si, disaksikan oleh Dansatgas Pelantara-9, Kol Marinir I Dewa Gede Wirawan serta para pendamping dari KPN, Bela Negara dan Saka Bahari.

Setelah itu, siswa/i SMA Matauli Pandan kembali ke asrama, sementara para peserta Pelantara-9 kembali ke KRI Tanjung Kambani harus kembali ke Dermaga Sibolga untuk dua atau tiga hari ke depan. (Very)

Artikel Terkait
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas