INDONEWS.ID

  • Sabtu, 04/01/2020 06:58 WIB
  • Dewan Pakar LPER Memberikan Simpati Ditengah Korban Banjir Jabotabek

  • Oleh :
    • hendro
Dewan Pakar LPER Memberikan Simpati Ditengah Korban Banjir Jabotabek
Dewan Pakar LPER Prof. Dr. Wimpy N. Aspar turun lapangan memberikan bantuan makanan, minuman, sejumlah dana kepada korban banjir

Jakarta, INDONEWS.ID - Suasana haru bercampur luka, saat masyarakat Indonesia usai merayakan Tahun Baru, harus menyaksikan bencana banjir yang melanda Jakarta, Bekasi, Tangerang dan sekitarnya meluas sejak pukul 4 pagi tanggal 1 Januari 2020.

Hujan deras selama hampir 12 jam dengan intensitas tinggi membuat wilayah tersebut lumpuh sehingga bencana banjir tidak terhindarkan.
Daerah yang parah antara lain Halim Perdanakusuma, Kampung Pulo, Cawang, Cipinang Melayu, Ciledug, Tangerang, Perumahan Pondok Gede Permai hingga 4 m.

Baca juga : Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting

Kemang Pratama yang bendungan Sungainya jebol, Dan Duri Kepa Jakarta Barat. Dengan demikian listrik harus dipadamkan untuk sementara waktu agar tidak menimbulkan sengatan yang membahayakan manusia.

Dampak banjir ini membuat masyarakat yang terkena bencana ini, sangat membutuhkan pakaian, pangan, obat-obatan dan berharap ada yang peduli bencana.

Baca juga : Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah

Pemerintah pusat melalui menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono sudah meninjau lokasi, dan memverikan solusi, bersama Gubernur DKI. Menkes Terawan ke Cipinang Melayu yg mengungsi di Kampus Univ. Borobudur. Mensos ke Ciledug. Bahkan pak Presiden meninjau fungsi pompa air ke Pluit untuk memastikan berfungsi untuk digunakan sebelum ada genangan terlalu tinggi.

Dewan Pakar LPER Prof. Dr. Wimpy N. Aspar turun lapangan memberikan bantuan makanan, minuman, sejumlah dana dari LPER  ke pos Duri Kepa yang didirikan oleh Robik Maulana Ketua bidang Promosi LPER berkolaborasi dengan para relawan peduli bencana.

Baca juga : Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta

Menurut Prof. Wimpy yang mantan Sestama BPPT sangat prihatin akan kejadian banjir skala merata di Jakarta dan sekitarnya dan memberikan support kepada para relawan pendiri posko peduli bencana agar tetap semangat.

Robbik Maulana  menuturkan keprihatinan keadaan ini kepada dewan pakar LPER , seharusnya tidak terjadi begitu luas bila normalisasi diteruskan, namun jangka pendek bagaimana segera meringankan para warga yang sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan." Walaupun rumahnya  terkena musibah juga," ujarnya.

Dr. Francisca Sestri Sekjen LPER yang dihubungi terpisah oleh Indonews, masih konsentrasi bersama EVP Corporate Planning PLN Pusat Rawan Insani untuk menghidupkan listrik bertahap mulai 1 Januari 2020 daerah Pondok Kelapa Permai pos Pondok Kopi, tanggal 2 Januari 2020 Graha Mutiara Pos Bekasi, dan  hari ini 3 Januari 2020 Daerah Karang Tengah Pos Kebon Jeruk,  sudah hidup kembali. Menurut Rawan Insani pemadaman listrik dilakukan untuk menjaga keselamatan warga saat banjir mencapai 1 m lebih ungkapnya.

Artikel Terkait
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Artikel Terkini
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas