INDONEWS.ID

  • Selasa, 01/03/2022 12:47 WIB
  • HUT Emas Basarnas, Kabasarnas: Cepat Tanggap untuk Indonesia Maju

  • Oleh :
    • luska
HUT Emas Basarnas, Kabasarnas: Cepat Tanggap untuk Indonesia Maju
dirgahayu ke-50 bazarnas

Jakarta, INDONEWS.ID - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) genap berusia 50 tahun, Selasa (28/2/2022). Ulang tahun Emas tersebut ditandai dengan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang dilaksanakan secara serentak, baik di tingkat pusat maupun di Unit Pelaksana Teknis (UPT), di Kantor Pusat Basarnas.

Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi bertindak sebagai inspektur upacara. Selain diikuti oleh seluruh pegawai, peserta upacara melibatkan beberapa Potensi SAR, diantaranya dari PMI, Pramuka, SAR Astra, Baguna, SAR Hidayatullah, dan SAR Dog K-9. 

Pada momentum tersebut juga diserahkan 16 penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada pegawai atas pengabdiannya kepada bangsa dan Negara selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. 

Upacara HUT Emas Basarnas juga dimeriahkan dengan penampilan marching band dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta. 

"Perjalanan setengah abad Basarnas dari masa ke masa telah melalui berbagai dinamika. Tantangan dan rintangan mampu dihadapi sehingga memperkokoh pondasi Basarnas sebagai lembaga pemerintah yang melaksanakan tugas di bidang pencarian dan pertolongan sesuai Undang-Undang 
nomor 29 Tahun 2014," jelas Kabasarnas saat upacara peringati HUT ke 50 Basarnas, di halaman upacara Gedung Basarnas, Jakarta, (1/3/2022)

Dijelaskannya, tugas utama Basarnas adalah menyelenggarakan operasi pencarian, penyelamatan, pertolongan, dan evakuasi pada kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Keberhasilan Operasi SAR tidak lepas dari empat (4) pilar utama. Yang pertama, Sumber Daya Manusia (SOM) yang mumpuni. Basarnas terus berusaha meningkatkan kapasitas SDM terutama 
para rescuer sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan Operasi SAR. 

Kedua yaitu sarana prasarana yang memadai. Basarnas senantiasa meningkatkan sarana prasarana SAR sesuai kebutuhan dan seiring perkembangan teknologi. 

Ketiga yakni dukungan dari Potensi SAR. Potensi SAR dari unsur pemerintah, TNI, Polri, Badan Usaha, Organisasi Kemasyarakatan, hingga indivindu dapat melengkapi keterbatasan Basarnas dari aspek SDM, sarana prasarana, maupun teknologi informasi. 

Pilar keempat adalah publikasi. Publikasi menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan SAR karena informasi dalam operasi SAR itu harus cepat sehingga pelaksanaan operasi SAR dapat transparan dan dapat diikuti oleh masyaarakat. Publikasi tesebut membangun citra positif yang menghasilkan reputasi sehingga keberadaan Basarnas menjadi tumpuan dan harapan masyarakat di bidang SAR. 

"Eksistensi Basarnas harus selaras dengan program pemerintah, yaitu Cepat Tanggap untuk Indonesia Maju," tegas Kabasarnas. 

Dikatakan Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, Jejak-jejak keberhasilan Operasi SAR selama ini telah menghadirkan kepercayaan yang besar dari masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pada momen upacara peringatan HUT ke-50 kali ini Kepala Basarnas juga menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh pegawai Basarnas, yaitu Kabasarnas berpesan agar seluruh pegawai di lingkungan Basarnas bekerja dengan semangat yang tinggi dan penuh rasa tanggung jawab. Lalu seluruh pegawai di lingkungan Basarnas harus berintegritas, yaitu memiliki interest terhadap kedinasan yang lebih besar dibanding dengan interest pribadinya, serta melaksanakan tugas kedinasan dengan baik. 

Kabasarnas juga berpesan agar seluruh pegawai meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan, serta kreatif dan inovatif di segala aspek pekerjaan. Dan terakhir Kabarnasa memerintahkan seluruh pegawai Basarnas harus meningkatkan komunikasi dan koordinasi serta kerja sama dengan Potensi SAR, baik ditingkat pusat maupun daerah. 

Sebagai informasi, sebelumnya, Basarnas telah menggelar berbagai rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun emas Basarnas, seperti  penanaman mangrove serentak, bhakti sosial, donor darah, perlombaan olah raga antar unit kerja. Selain itu, Basarnas melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2022, menyusun buku Basarnas Emas, sarasehan, dan puncaknya adalah pemotongan tumpeng oleh Kabasarnas pada momentum ramah tamah usai upacara HUT, hari ini. 

"Seluruh kegiatan kami laksanakan dengan sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan. Kami semua menyadari, bangsa ini masih berjuang melawan virus Covid-19. Yang terpenting adalah esensi ulang tahun ke-50 Basarnas tahun ini adalah Basarnas tetap memberikan pelayanan SAR secara optimal dan semakin dicintai oleh masyarakat," urai Anjar Sulistiyo, Koordinator Substansi Humas Basarnas. (Lka)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas