INDONEWS.ID

  • Rabu, 23/11/2022 08:29 WIB
  • Dewan Pakar BPIP: Bantuan masyarakat untuk gempa Cianjur cerminan Pancasila sebagai living ideology

  • Oleh :
    • luska
Dewan Pakar BPIP: Bantuan masyarakat untuk gempa Cianjur cerminan Pancasila sebagai living ideology

Jakarta, INDONEWS.ID - Menanggapi musibah gempa bumi Cianjur, D.r. Darmansjah Djumala, MA, Dewan Pakar BPIP Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri, menyatakan ikut prihatin dan berdukacita atas musibah yang mengakibatkan banyaknya jatuh korban. Semaga arwah korban mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT dan kluarga yang ditinggalkan mendapat penghiburan wujud dan kekuatan dalam menghadapi musibah yang tragis ini.

Menghimbau masyarakat Cianjur untuk tetap kuat dan tabah dlm mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam ini. Dr. Djumala mengingatkan, belajar dari pengalaman sebelumnya, masyarakat Indonesia akan terketuk hatinya ketika mendengar saudara2nya tertimpa musibah. Banyak kelompok masyarakat dan komunitas-komunitas secara spontan berinisiatif  mengumpulkan bantuan dg segala bentuknya. Hanya melalui komunikasi via medsos saja ada bbrp  komunitas yang mampu mengumpulkan bantuan, baik dlm bentuk uang maupun materi/barang yg bisa meringankan penderitaan korban,  spt makanan minuman, obat2an, pakaian, selimut, tenda dll. Inisiatif spontan spt itu adl manifestasi nilai2 Pancasila yg hidup dlm masyarakat.  Rasa kemanusiaan itu ada dalam pri-kehidupan bangsa Indonesia. 

Baca juga : Bantu Korban Gempa Cianjur, SiCepat Ekspres Gandeng Jabar Quick Respon Bangun Rumah Hunian

Dan itulah Pancasila

Rasa kemanusiaan ini adalah energi positif bagi perkembangan peradaban, yg mampu mengeratkan rasa persaudaraan sesama anak bangsa. Tatkala rasa kemanusiaan itu muncul dalam kebersamaan dlm mengatasi musibah, itu artinya Pancasila hidup dalam pri-kehidupan bangsa Indonesia sebagai living ideology. Itu bukti bahwa Pancasila itu sudah embedded, built-in dlm sanubari bangsa. Sebaliknya, manakala Pancasila itu diaktualisasikan dalam gerak tindak bangsa Indonesia,  baik dalam tataran kebijakan maupun praksis, itu berarti Pancasila menjadi inspirasi dalam mengatasi permasalahan sebagai working ideology. 

Baca juga : Biro Caritas Bogor, Intervensi di Masa Transisi untuk Korban Gempa Cianjur

Inisiatif membantu dan goyong royong  yang ditunjukkan  masyarakat secara alamiah dan spontan itu adalah modal sosial-kultural yang dahsyat jika dikanalisasi melalui lembaga-lembaga yang terstruktur dan terlembaga dengan baik. 

Baca juga : Kepala BNPB Dorong Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascagempa Cianjur
Artikel Terkait
Bantu Korban Gempa Cianjur, SiCepat Ekspres Gandeng Jabar Quick Respon Bangun Rumah Hunian
Biro Caritas Bogor, Intervensi di Masa Transisi untuk Korban Gempa Cianjur
Kepala BNPB Dorong Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascagempa Cianjur
Artikel Terkini
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Puspen Kemendagri Berharap Masyarakat Luas Paham Moderasi Beragama
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas