INDONEWS.ID

  • Jum'at, 24/02/2023 11:37 WIB
  • Bagaimana Rumah Sakit pasca pandemi

  • Oleh :
    • luska
Bagaimana Rumah Sakit pasca pandemi

Penulis : Prof Tjandra Yoga Aditama (Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI)

Pada 23 Februari 2023 saya memberi kuliah perdana Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas YARSI. Ada lima hal yang saya sampaikan.

Baca juga : Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap

Pertama, sesudah pandemi COVID-19 nantinya selesai ,diharapkan tahun ini, maka virus SARS-COV-2 penyebab COVID-19 masih akan ada. Artinya, sesudah pandemi selesai maka Rumah Sakit kita masih akan merawat pasien COVID-19 dan bahkan masih mungkin akan ada pasien yang meninggal karena COVID-19 di RS. Hanya saja tentu masalahnya akan lebih dapat terkendali.

Ke dua, di masa pasca pandemi pelayanan RS akan lebih bersifat adaptatif dengan perkembangan, juga akan menjadi RS dengan suasana yang lebih ramah dan sehat bagi pengunjung, pasien, keluarga dan juga tenaga kesehatan yang bekerja di RS.

Baca juga : Tanggal 29 Februari 2024: Hari "Penyakit Jarang" se-Dunia

Ketiga, perkembangan teknologi akan menjadi jiwa utama RS masa datang, termasuk dan utamanya pelayanan digitalisasi kesehatan.

Ke empat, dalam perkembangannya maka pelayanan kesehatan bagi pasien dapat dilakukan juga di luar rumah sakit, ternasuk pelayanan di rumah dengan segala aspeknya.

Baca juga : 7 penyakit Pancaroba, Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai selama musim pancaroba ini

Ke lima, saya sampaikan juga pengalaman berbagai RS di beberapa negara yang lokasi pusat penelitian kesehatannya berdampingan dengan Rumah Sakit besar. Contohnya misalnya di Amerika Serikat antara pusat penelitian National Institute of Health dengan Walter Reed National Military Medical Center yang biasa merawat Presiden Amerika Serikat, di India antara RS pendidikan  All India Institute Of Medical Sciences (AIIMS) dengan Indian Council of Medical Research (ICMR), juga contoh pusat penelitian TB dan RS TB di Kiyose Jepang dll.

Tentu kita berharap pelayanan Rumah Sakit kita di masa datang akan lebih baik lagi dan bermanfaat besar bagi peningkatan derajat kesehatan bangsa.

 

Artikel Terkait
Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap
Tanggal 29 Februari 2024: Hari "Penyakit Jarang" se-Dunia
7 penyakit Pancaroba, Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai selama musim pancaroba ini
Artikel Terkini
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Puspen Kemendagri Berharap Masyarakat Luas Paham Moderasi Beragama
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas