INDONEWS.ID

  • Sabtu, 11/03/2023 09:39 WIB
  • BPIP Susun Pedoman Diplomasi Pancasila

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
BPIP Susun Pedoman Diplomasi Pancasila

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam upaya mengaktualisasikan dan menginternalisasikan Pancasila di kalangan aparatur sipil negara (ASN), BPIP berinisiatif menyusun buku pedoman pelaksanaan diplomasi yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Rencananya, buku tersebut dibahas dalam rapat yang diselenggarakan BPIP di Gedung Tribrata, 10 Maret 2023.

Rapat yg dipimpin Direktur Pengkajian Materi BPIP, Aris Heru Utomo, mengadirkan sebagai narasumber Dewan Pakar BPIP Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri, mantan Duta Besar RI untuk Austria dan PBB dan Polandia, Dr. Darmansjah Djumala; mantan Duta Besar RI untuk Jepang dan AS, Soemadi Brotodiningrat; mantan Duta Besar RI untuk PBB di Jenewa dan New York, Dr. Makarim Wibisono; Staf Ahli Menlu Muhsin Syihab dan Kepala Pusdiklat Kemlu RI Mohammad Koba.

Baca juga : Membaca Kerja Sama Trilateral Antara AS, Jepang dan Filipina dalam Konteks Geopolitik Asia Pasifik

Dalam keterangan terpisah, Dr. Djumala mengatakan inisiatif BPIP ini perlu diapresiasi, karena diplomasi sebagai pelaksanaan kebijakan luar negeri harus merefleksikan nilai-nilai Pancasila.

"Pancasila harus dapat dinarasikan dan direfleksikan sebagai working ideology dan living ideology dalam kegiatan diplomasi Indonesia", kata Djumala. Disebutkannya satu contoh: kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia. Upaya Jokowi menemui kedua pemimpin negara itu sejatinya didorong oleh nilai-nilai yang hidup dalam kalbu dan sanubari Presiden.

Baca juga : Dewan Pakar BPIP: Akademisi Bisa Buka Wacana Keselarasan Sistem Pilpres dengan Sila ke-4 Pancasila

Nilai yang hidup dan sudah tertanam dan menyatu (embedded dan built-in) dalam jiwa dan pikiran itulah yang disebut  living ideologi yang mendorongnya untuk melakukan sesuatu. Ketika nilai itu direfleksikan ke dalam tindakan nyata, yaitu menemui Presiden Ukraina Zelensky dan Presiden Rusia Putin, itu berarti Pancasila sudah menampakkan diri sebagai working ideology. Itulah Pancasila dalam tindakan. 

Untuk memperluas ranah aktualisasi Pancasila, BPIP sejauh ini sudah menyusun pedoman pembinaan ideologi Pancasila untuk berbagai lini profesi,  seperti ASN, hakim, TNI, Polri dan Kepala Daerah.

Baca juga : Dewan Pakar BPIP: Memory of the World UNESCO, momentum promosikan Pancasila ke dunia internasional

Ke depan BPIP akan menyusun pedoman yang sama untuk profesi yang lain. Dengan disusunnya pedoman pembinaan ideologi untuk beberapa bidang profesi diharapkan etika, moral dan pelayanan publik dan  akan benar-benar merefleksikan nilai-nilai Pancasila.

Menurut Dr. Djumala, buku pedoman untuk diplomasi Pancasila ini nanti setidaknya  akan memuat tiga bagian utama, yaitu pertama, "statistika-historis", yang mengulas elan perjuangan diplomasi Indonesia di awal Kemerdekaan dikaitkan dengan sejarah kelahiran Pancasila.

Kedua, terkait "dinamika-praksis", yang menguraikan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam gerak langkah diplomasi. Ketiga, buku pedoman ini akan memaparkan dimensi futuristik dari diplomasi Pancasila ditengah konstelasi politik dunia yang berubah.

"Dengan adanya buku pedoman diplomasi Pancasila ini diharapkan para diplomat Indonesia punya bahan acuan atau referensi dalam perjuangan diplomasi yang senafas dengan nilai-nilai Pancasila", pungkas Dr. Djumala.*

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait
Membaca Kerja Sama Trilateral Antara AS, Jepang dan Filipina dalam Konteks Geopolitik Asia Pasifik
Dewan Pakar BPIP: Akademisi Bisa Buka Wacana Keselarasan Sistem Pilpres dengan Sila ke-4 Pancasila
Dewan Pakar BPIP: Memory of the World UNESCO, momentum promosikan Pancasila ke dunia internasional
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas