INDONEWS.ID

  • Minggu, 18/06/2023 07:45 WIB
  • Dorong Ekonomi Daerah, Bank Mandiri Hadirkan UMKM Center di Kawasan Religi Purwakarta

  • Oleh :
    • luska
Dorong Ekonomi Daerah, Bank Mandiri Hadirkan UMKM Center di Kawasan Religi Purwakarta

Purwakarta, INDONEWS.ID - Bank Mandiri berkeinginan mendorong perekonomian daerah dengan mengoptimalkan pemberdayaan para pelaku usaha secara berkelanjutan. Lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Bank Mandiri menghadirkan UMKM Center sebagai pusat pemasaran produk-produk kreasi UMKM di Kawasan Wisata Religi Masjid Endan Andansih, Kabupaten Purwakarta.

Berlokasi di atas lahan seluas hampir 1.400 meter persegi, UMKM Center ini memiliki sebanyak 29 kios yang diperuntukkan bagi pengrajin oleh-oleh, kerajinan, fesyen serta souvenir khas Jawa Barat lain. Tak hanya itu, pusat pemasaran ini juga dilengkapi dengan area foodcourt yang diisi dengan jajanan serta kuliner lokal dan populer.   

Baca juga : Fenomenal, Bank Mandiri Catatkan Total Aset di Kuartal III 2023 Tembus Rp 2.007 Triliun, Rekor Baru di Indonesia

Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas, UMKM Center ini juga dilengkapi dengan alat pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Selain itu, ada pula mesin ATM setor tarik Mandiri untuk memudahkan para penjual di UMKM Center menyetor uang tunai tanpa harus ke bank. 

“Keberadaan UMKM Center yang juga dilengkapi dengan sarana transaksi digital ala Bank Mandiri ini diharapkan bisa melengkapi Kawasan Wisata Religi menjadi lokasi wisata pilihan, khususnya bagi pelintas dan perantau yang ingin menikmati keindahan alam Purwakarta,” kata Rohan saat peresmian UMKM Center tersebut di Purwakarta, Sabtu (17/6). 

Baca juga : Melesat Menuju Masa Depan, Bank Mandiri Injak Gas Transaksi QRIS dan BI-Fast

Menurut Rohan, nantinya para pelaku UMKM di lokasi tersebut juga akan didorong untuk go digital melalui inisiatif Livin’ Merchant sehingga seluruh transaksi dapat terdigitalisasi dan meningkatkan efisiensi operasional UMKM. 

“Di sini, baik penjual maupun pembeli juga dapat merasakan gaya hidup yang sehat melalui keberadaan jogging track agar terasa nyaman dengan suasana kearifan lokal yang kental. Kami juga telah menempatkan tempat sampah di 30 titik di lokasi ini,” kata Rohan.

Baca juga : Solid! Sinergi Bank Mandiri dan Perusahaan Anak Dorong Kinerja dan Inklusi

Dia menambahkan, pihaknya optimis UMKM Center ini dapat dikelola dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan untuk kesejahteraan UMKM di wilayah tersebut. 

Sejalan dengan itu, bank bersandi saham BMRI ini konsisten mengucurkan pembiayaan ke segmen UMKM. Hingga Maret 2023, penyaluran kredit Bank Mandiri kepada segmen UMKM tumbuh 9,99% year on year (yoy) menjadi  Rp 118,08 triliun. 

“Dukungan pembiayaan dan sarana pemasaran ini juga sejalan dengan salah satu fungsi BUMN sebagai agen pembangunan dan agen pencipta nilai, baik nilai ekonomi maupun nilai sosial,” tutup Rohan.

Artikel Terkait
Fenomenal, Bank Mandiri Catatkan Total Aset di Kuartal III 2023 Tembus Rp 2.007 Triliun, Rekor Baru di Indonesia
Melesat Menuju Masa Depan, Bank Mandiri Injak Gas Transaksi QRIS dan BI-Fast
Solid! Sinergi Bank Mandiri dan Perusahaan Anak Dorong Kinerja dan Inklusi
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas