Future Energy Asia Exhibition and Summit 2024: Solusi Asia atas Tantangan Energi Dunia

  • Future Energy Asia Exhibition and Summit 2024 di Bangkok mengulas kebutuhan mendesak dari sisi ketahanan energi dan
  • Dengan dukungan Kementerian Energi Kerajaan Thailand, ajang ini menghadirkan 22.000 peserta, 2.500 delegasi, 600 pembicara dan 350 ekshibitor yang terlibat dalam wacana seputar transisi energi.
  • Future Energy Asia memadukan rangkaian acara lain yang digelar secara serentak, termasuk Future Mobility Asia Exhibition and Summit serta Future LNG Asia Summit, membahas "trilemma" dalam isu lingkungan hidup, yakni mewujudkan energi yang terjangkau, reliabel, dan berkelanjutan, mengangkat peran penting mobilitas bersih dan LNG dalam transisi tersebut.
  • Strategic Summit akan membahas kontribusi Asia dalam rencana pengembangan energi global, memprioritaskan kebijakan, teknologi, dan investasi.
  • Berbagai pembicara utama, pejabat pemerintah, dan pemimpin industri akan membahas peran Asia yang semakin penting dalam perubahan iklim dunia dan solusi energi berkelanjutan.
  • Ajang pameran dan konferensi didukung sponsor-sponsor utama, termasuk ADNOC dan PTT Group, serta berkomitmen menggerakkan perkembangan nyata menuju emisi nol karbon.

BANGKOK, 28 April 2024 /PRNewswire/ -- Negara-negara Asia menghadapi tantangan untuk menyeimbangkan ketahanan energi yang bersifat mendesak dengan target pertumbuhan ekonomi jangka panjang, target keberlanjutan, dan komitmen mencapai netralitas karbon, dan mewujudkan pembangunan nol karbon. Dialog internasional dan lintas-sektor harus difasilitasi guna mengatasi tantangan tersebut. Maka, dmg events akan menggelar ajang penting Future Energy Asia Exhibition and Summit pada 15-17 Mei 2024 di Queen Sirikit National Convention Centre, Bangkok, didukung Kementerian Energi Kerajaan Thailand.

Future Energy Asia Exhibition and Summit
Future Energy Asia Exhibition and Summit

YM Pirapan Salirathavibhaga, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Energi Thailand, menyerukan ajakan bagi pemimpin industri: "Mempertahankan status sebagai ajang terkemuka di Asia yang mempercepat transisi energi, kami mengundang Anda dan lebih dari 22.000 agen perubahan di sektor energi untuk bergabung dalam pengalaman kolaboratif dan inovatif yang memperkaya wacana, serta berperan besar dalam merumuskan paradigma energi."

Strategic Summit akan memperlihatkan langkah Asia guna mewujudkan sektor energi yang tangguh dan inklusif dengan mengatasi tantangan ketahanan energi. Sejumlah presentasi penting dan panel pemimpin industri dari pembicara strategis 2024 akan menekankan dan mendorong kolaborasi internasional yang menyelaraskan kebijakan, kemajuan teknologi, serta investasi infrastruktur. Kolaborasi ini berperan penting dalam mencapai ambisi Asia untuk berkontribusi terhadap transisi energi global, serta mencapai target regional, yaitu netralitas karbon dan emisi nol karbon.

"Pembangkit dan sistem penyimpanan energi yang berkelanjutan dan bersih merupakan salah satu tantangan terpenting pada dewasa ini. Future Energy Asia adalah ajang terkemuka di industri. Saya ingin berbagi pengalaman di ajang penting ini dan ikut menemukan solusi yang mendorong pertumbuhan dan pembangunan Vietnam pada puluhan tahun mendatang," jelas Don Lam, CEO & Founding Partner, VinaCapital, yang akan menyampaikan presentasi bertajuk "Financing Asia`s decarbonisation journey - rethinking transition funding and investment strategies" dalam Strategic Summit Leadership Panel.

Low Kian Min, CEO, Gentari, penyedia solusi energi bersih terkemuka asal Malaysia, yang akan menyampaikan paparan di sesi tersebut, berkata, "Lokasi strategis Malaysia di Asia Pasifik, didukung kekayaan sumber daya alamnya, menjadi pusat energi terbarukan. Target kami, menjadikan Malaysia penyedia energi terbarukan generasi baru yang terkemuka pada segmen Commercial and Industrial (C&I) serta utilitas, serta produsen hidrogen berskala luas, dan mitra industri terbaik sekaligus mitra solusi mobilitas lestari yang terkemuka di Asia Pasifik. Upaya ini mendukung tujuan kami yang lebih luas, yaitu mempercepat tingkat penggunaan energi bersih di Asia. Hal tersebut mencerminkan peran besar Malaysia dalam transisi energi regional."

Menargetkan 22.000 pengunjung, 2.500 delegasi, 600 pembicara, dan 350 perusahaan di lebih dari 70 negara, ajang pameran dan konferensi ini membuktikan status Asia sebagai pemimpin dalam wacana energi global. Tema tahun ini, "Asia`s Solution to the World`s Energy Challenges", mengulas solusi yang dapat ditindaklanjuti dan membina kolaborasi yang berpotensi mengubah masa depan aktivitas produksi dan konsumsi energi.

Diadakan PTT Group dan EGAT, didukung sponsor utama ADNOC dan PTTEP, ajang ini akan memamerkan berbagai inovasi dan kerangka kebijakan yang penuh terobosan untuk memandu transisi menuju emisi nol karbon. "Konferensi ini tidak hanya melibatkan diskusi; namun juga perkembangan nyata," jelas Christopher Hudson, President, dmg events, penyelenggara acara, sekaligus menekankan potensi ajang ini untuk menghasilkan dampak positif dan perubahan jangka panjang.

Sejumlah pembicara yang akan berpartisipasi dalam Future Energy Asia Exhibition and Summit 2024:

  • YM Pirapan Salirathavibhaga, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Energi, Kerajaan Thailand
  • YM Datuk Patinggi Tan Sri (Dr.) Abang Haji Abdul Rahman Zohari Bin Tun Datuk Abang Haji Openg, Menteri Besar Sarawak
  • Wuttikorn Stithit, COO, Upstream Petroleum and Gas Business Group, PTT Public Company Limited
  • Thanasit Vichaipairojwong, SVP, Corporate Strategy Division, PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP)

Menampilkan pembicara ternama, konferensi strategis dan komprehensif, serta dukungan perusahaan raksasa di industri, ajang ini akan menghasilkan perkembangan penting menuju masa depan lestari. Bangkok juga akan mempertemukan tantangan regional dengan solusi global, memperkuat peran penting Asia dalam menggerakkan dunia menuju jalur energi yang lebih bersih, reliabel, dan berkelanjutan.

Tentang Future Energy Asia Exhibition and Summit 2024

15-17 Mei 2024

QSNCC, Bangkok

www.futureenergyasia.com 

Beberapa ajang yang turut berlangsung serentak, yakni Future Energy Asia, Future Mobility Asia, dan Future LNG Asia Strategic Summit, menjadi platform penting yang menggerakkan transisi energi di Asia dan wilayah lain. Rangkaian acara terintegrasi ini mendorong strategi komprehensif di seluruh sektor energi, serta mengutamakan hasil praktis dan analisis yang dapat ditindaklanjuti.

Future Energy Asia memimpin wacana, serta membahas integrasi teknologi inovatif, seperti CCUS dan smart grid untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan energi. Ajang ini ingin memperkuat ketahanan energi dan ekonomi sekaligus mengulas kebijakan substantif dan kemajuan infrastruktur.

Future Mobility Asia membahas kebutuhan mendesak yang dihadapi solusi transportasi berkelanjutan, serta memamerkan sejumlah perkembangan pada segmen kendaraan listrik dan teknologi bahan bakar hidrogen. Maka, ajang ini berperan besar dalam mempromosikan dekarbonisasi di sektor mobilitas, sejalan dengan target penurunan emisi global.

Sementara, Future LNG Asia menghadirkan perspektif penting tentang peran LNG sebagai alternatif energi yang lebih bersih. LNG ikut andil dalam mengurangi ketergantungan pada batu bara dan mendukung ambisi nol karbon Asia sekaligus mengatasi volatilitas pasar dan tantangan rantai pasok.

Rangkaian acara tersebut menyediakan platform dinamis bagi para pemangku kepentingan untuk menjalin kemitraan, berbagi tentang solusi inovatif, serta merumuskan kebijakan yang secara kolektif memajukan upaya global dalam mewujudkan masa depan energi berkelanjutan. Hasil dari rangkaian acara tersebut akan memengaruhi pasar energi, menjadi panduan pemanfaatan teknologi, serta mendorong kerja sama regional dan internasional.

Tentang pihak penyelenggara

www.dmgevents.com 

dmg events adalah perusahaan ekshibisi dan penerbitan berskala global yang terbentuk pada 1989, serta memiliki 13 kantor di seluruh dunia. Dengan portofolio luas yang mencapai lebih dari 80 ajang ekshibisi setiap tahun, dmg events menarik arus kunjungan hingga lebih dari satu juta orang. Maka, dmg events merupakan salah satu pelaku industri yang terkemuka. Portofolio global ini bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di industri untuk memfasilitasi dialog praktis, serta menjadi platform yang mengulas isu-isu perubahan terkini.

Selama beberapa tahun terakhir, dmg events berekspansi secara signifikan dan sukses mencatat pertumbuhan impresif di pasar-pasar berkembang dan maju. Ajang-ajang baru terus dilansir sesuai dengan perubahan kondisi pasar dan perkembangan industri. Dan, ajang yang digelar secara langsung (live event) tetap menjadi pilar utama yang memadukan ekshibisi, konferensi, lokakarya bersertifikasi, seminar teknis, klub dan sesi diskusi yang diikuti para pemimpin.

Registrasi Media

Anda dapat membuat pengajuan untuk memperoleh tiket khusus media yang menyediakan akses untuk seluruh sesi dan ekshibisi*.

Registrasi di tautan ini

Kami menyambut kehadiran Anda di Bangkok agar Anda dapat mengeksplorasi perkembangan sektor energi di Asia. 

*Pembatasan dan perubahan dapat diberlakukan

Informasi lebih lanjut:

Future Energy Asia 

Future Mobility Asia 

Registrasi media terbuka bagi kalangan redaktur, penerbit media, jurnalis, dan pihak-pihak yang dapat menunjukkan surat keterangan kerja dari media berita yang telah diverifikasi, atau jurnalis lepas yang berakreditasi. Seluruh registrasi akan dievaluasi, dan pihak penyelenggara kegiatan berhak menolak pengajuan jika seseorang tidak memenuhi persyaratan.

Pihak penyelenggara kegiatan sedang menyusun jadwal wawancara media selama ajang berlangsung. Anda dapat menyampaikan minat Anda jika ingin menghadiri acara dan mewawancarai perusahaan dan/atau individu yang berpartisipasi.

NARAHUBUNG:
Diana Estella Peter, diana.estella@rothmanasia.com, +65 8498 9424
Tashan Kassey, tashan.kassey@rothmanasia.com, +65 8282 8746