Nasional

Polri: Ada 5 Daerah Rawan Konflik Saat Pilkada Serentak

Oleh : hendro - Senin, 27/11/2017 16:40 WIB

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto (istimewa)

 Jakarta, INDONEWS.ID-  Saat Pilkada Serentak 2018 serta Pilpres 2019 mendatang, Mabes Polri berhasil memetakan adanya 5 provinsi rawan konflik.  Demikian dikatan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto.

Menurut Setyo, Pilkada 2018 yang akan dilakukan secara serentak menimbulkan potensi kerawanan yang sangat tinggi.

"Belajar dari pengalaman Pilkada DKI dimana penggunaan media sosial sangat menonjol dan bahkan akan seakan-akan sudah dalam tanda petik Pilpres. Pilgub rasa Pilpres," ujar Setyo Wasisto dalam sebuah diskusi  di Jakarta, Senin (27/11/2017).

 Setyo mensinyalir ,  pilkada 2018  yang akan dilakukan secara serentak menimbulkan potensi kerawanan yang sangat tinggi. Oleh karena itulah, pihaknya akan melakukan pengamanan ekstra.  Terhadap daerah-daerah yang dianggap rawan itu seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara dan Papua.

"Pilkada ini salah satu tolak ukurannya pengamanan. Tolak ukur utamanya pengamanan, dengan adanya KPU yang sukses menjadi penyelanggara bisa jadi tolak ukur. Tapi saya ingin katakan disini bahwa keamanan dalam Pilkada ini sangat-sangat menentukan," ujarnya.

Oleh sebab itu, Setyo berharap, agar peran dari semua stakeholder baik dari aparat keamanan  maupun penyelenggara masyarakat, parpol dan semuanya sangat penting. (hdr)

 

Artikel Terkait