PUSHIDROSAL dan Universitas Hang Tuah Tandatangani Perjanjian Kerjasama

Oleh : hendro - Selasa, 10/04/2018 09:35 WIB

Penandatanganan PKS antara Kapushidrosal Laksamana Muda Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. dan Dekan FTIK disaksikan Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman, S.E., S.I.P., M.A.P.

Surabaya, INDONEWS.ID - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, khususnya Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) dan dengan Program Diploma Pelayaran (PDP) menandatangani perjanjian kerjasama. Penandatangan Perjanjian Kerjasama dilakukan antara Kapushidrosal Laksamana Muda Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. dengan Dekan  Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) Dr. Drs. V. Djanat, M.AppSc. dan Direktur PDP    Dr. Ir. Pudji Santoso, M.M.     bertempat di Universitas Hang Tuah, Jalan Arif rahman Hakim No. 150 Surabaya, Senin (9/4/2018)kemarin. 

Perjanjian Kerja Sama antara Pushidrosal dengan UHT ini merupakan kali pertama dilaksanakan, khususnya dengan Fakultas FTIK dan PDP. Bentuk kerja sama yang akan dilaksanakan ini diantaranya adalah dalam bidang pendidikan, pelatihan dan penelitian kelautan bidang hidrografi dan oseanografi serta pengabdian kepada masyarakat. Dari kerja sama tersebut diharapkan menjadi momentum penting guna mendorong keikutsertaan perguruan tinggi maupun akademisi dalam mendukung program pembangunan nasional sektor kelautan, melalui pemberdayaan sumber daya manusia yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan pendidikan, pelatihan dan penelitian bidang hidrografi.

Selain menandatangani perjanjian kerjasama antara kedua institusi, Kapushidrosal juga memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa, Dekan FTIK, Dosen dan Civitas Akademika Universitas Hang Tuah Surabaya. Kegiatan kuliah umum dibuka oleh Moderator Ir. H Rudi Siap Bintoro.  Tema besar yang diangkat dalam kuliah umum tersebut adalah “Perkembangan Sains dan Teknologi  Hidro-Oseanografi guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir dalam rangka Mendukung Pembangunan dan Pengembangan Kemaritiman Indonesia”. Pada kesempatan tersebut, Kapushidosal juga menyampaikan pentingnya peran dan kontribusi Pushidrosal dalam menjamin keselamatan pelayaran dan mendukung program pemerintah menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Kapushidrosal menjelaskan tentang tugas dan fungsi Pushidrosal sebagai penyedia data dan informasi hidro-oseanografi berupa Peta Laut Indonesia (PLI) baik yang berupa peta kertas maupun Electronic Navigation Charts (ENC), serta publikasi nautika lainnya guna menjamin keselamatan pelayaran. Dijelaskan pula,  bahwa hal ini sejalan dengan visi dan motto Pushidrosal bahwa hidrografi bukan hanya sekedar peta laut, melainkan kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut suatu negara.

Artikel Terkait