Daerah

Jalan Ekstrim, Perjuangan Satgas TMMD Ke 101 Kodim 1704/Sorong

Oleh : hendro - Jum'at, 13/04/2018 11:19 WIB

Satgas TMMD ke 101 saat menembus Medan berat menuju kampung Sailala

Sorong, Jumat (13/04/2018) – Akses jalan ke Lokasi TMMD Ke – 101 Kodim 1704/Sorong di Kampung Sailala Distrik Sayosa Timur Kabupaten Sorong penuh dengan rintangan, bermacam variasi dan tergolong ekstrim seperti lewati dataran rendah, berbukitan, jalan tanah berlubang dan berlumpur dan hutan serta sangat minim sumber air. 

Perjuangan itu dirasakan sendiri oleh Danramil 1704-05/Ayamaru Mayor Inf Andreas Pailo yang sekarang bertugas menjadi Perwira Pengawas TMMD Ke – 101.

“Apa yang saya rasakan saat ini sudah dirasakan bertahun-tahun oleh masyarakat  kampung sailala” Terangnya.

Sedikit mengulas tentang Kampung Sailala, sailala daerah terpencil di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Pembangunan infrastruktur seperti jalan desa belum dilakukan sehingga warga kesulitan untuk mobilitasnya. Kampung Sailala masuk di Distrik Sayosa Timur yang merupakan pemekaran dari Distrik Sayosa penduduknya sudah mencapai 900 jiwa.

Saat ini kami Satgas TMMD Ke – 101 untuk menuju lokasi kampung sailala  setidaknya harus menembus hutan, kondisi jalan masih berupa tanah dan bebatuan, ditambah lagi kondisi penerangan yang masih minim, bukan itu saja tetapi sinyal untuk berkomunikasi tidak ada. Terang Mayor Inf Andreas Pailo.

Sedangkan pengakuan Kepala Kampung Sailala Yakonias Malamuk mengatakan, warganya sangat kesulitan untuk menuju kota akibat jalan berlumpur. 

“Kami masyarakat sangat kesulitan untuk menuju kota terlebih saat turun hujan membuat menuju kekota semakin sulit, karena jalan berlumpur. Selain akses yang masih sulit, di lokasi tersebut masih sulit dijangkau jaringan telepon seluler. Untuk berkomunikasi dengan orang luar daerah, warga harus berkumpul di salah satu tempat untuk bisa mendapatkan sinyal telepon," ujar Yakonias, Jumat (13/4/2018)

Untuk diketahui, saat ini untuk menuju lokasi kampung sailala  tim Satgas TMMDTke 101 setidaknya harus menembus hutan, kondisi jalan masih berupa tanah dan bebatuan, ditambah lagi kondisi penerangan yang masih minim, bukan itu saja tetapi sinyal untuk berkomunikasi tidak ada.

Selain itu, kampung Sailala, sailala daerah terpencil di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Pembangunan infrastruktur seperti jalan desa belum dilakukan sehingga warga kesulitan untuk mobilitasnya. Kampung Sailala masuk di Distrik Sayosa Timur yang merupakan pemekaran dari Distrik Sayosa penduduknya sudah mencapai 900 jiwa. (Hdr)

 

Artikel Terkait