Nasional

PAN: Meski Masih Dinamis, Poros Ketiga Bisa Terbentuk

Oleh : indonews - Senin, 07/05/2018 14:30 WIB

Ketua DPP PAN Viva Yoga Mauladi.(Ist)

 

Jakarta-INDONEWS.ID - Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan poros ketiga saat pemilihan presiden bisa saja terjadi. Namun itu tergantung keseriusan dari Partai Demokrat.

"Kalau untuk tiga pasangan calon masih memungkinkan. Tergantung keseriusan dari Partai Demokrat,” kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Menurut Viva saat ini masih ada tiga partai politik yang belum ambil sikap resmi di Pilpres 2019. Ia menambahkan jika ketiganya bergabung maka poros ketiga itu bisa terjadi.

“Karena kalau asumsinya, Gerindra-PKS 20,17 persen, kemudian PAN, PKB dan Demokrat 27,85 persen, jadi masih memenuhi syarat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, presidential threshold 20 persen atau 112 kursi DPR RI,” papar dia.

Meski hingga saat ini, terbentuknya poros ketiga itu masih dinamis, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu juga menegaskan semuanya akan menjadi pasti setelah melalui berbagai macam proses politik hingga batas akhir pencalonan Presiden dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) nanti.

“Tapi ini sangat dinamis karena potensi itu meskipun ada peluang, tetapi lubangnya masih sempit karena dinamika politik saat ini sangat ditentukan oleh bagaimana proses politik yang terjadi pada saat ini sampai tanggal 10 Agustus 2018 batas akhir pencalonan Capres-cawapres ke KPU,” pungkasnya. (Ronald Tanamas)

Artikel Terkait