Nasional

TNI Jemput Obor Asian Games di New Delhi

Oleh : hendro - Sabtu, 14/07/2018 13:11 WIB

Pesawat TNI AU Boeing 737 yang akan membuat obor Asian Games di News Dehli

Jakarta, INDONEWS.ID - Tentara Nasional Indonesia memastikan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Salah satunya bentuk dukungan awal adalah keterlibatan TNI dalam kontingen penjemput obor api di India.

Panglima Komando Operasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara I, Marsekal Muda Nanang Santoso menegaskan, TNI menyiapkan satu pesawat AU boeing 737 dengan 16 kru.

Pesawat tersebut akan menempuh perjalanan dari Pangkalan Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (14/7/2018) pagi WIB, menuju New Delhi, India.

"Atas nama pimpinan TNI AU, kami siap mendukung demi kelancaran pelaksanaan Asian Games 2018, khususnya penjemputan obor api ke New Delhi," kata Nanang, di Lanud Halim PK, Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

Rencananya setelah tiba tanah air nanti, pada Selasa (17/4/2018)mendatang, obor api tersebut akan ditaruh di Lanud Adi Sucipto, Jogjakarta. Dari Jogja, ke Prambanan, diserahterimakan ke Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Panitia Nasional Asian Games 2018. 

"Kemudian dilanjutkan lagi menuju ke Malang. Selanjutnya dari Malang ke Bali, Lombok, Sorong, Ujung Pandang, Banjarmasin, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Lampung, dan kembali Jakarta," tutur Nanang.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Inasgoc, Sjafrie Sjamsoeddin mengapresiasi sikap TNI yang ikut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan event olahraga antar negara-negara Asia ini.

"Pada hari ini kita menorehkan sejarah baru. TNI ikut serta dalam menjemput obor api di India," katanya di Lanud Halim Perdanakusumah.

Secara keseluruhan, kirab obor akan berlangsung di 64 kota di 16 Provinsi. Sejumlah pelari lokal dan nasional dilibatkan.  Kemudian acara ini banyak dliput oleh media internasional. Ini diharapkan memperkenalkan potensi budaya dan pariwisata lokal. (Hdr)

Artikel Terkait