Internasional

Semarak Perayaan HUT RI ke-73 di Berlin

Oleh : hendro - Selasa, 21/08/2018 07:05 WIB

Peserta upacara dan pengunjung Pesta Rakyat tidak hanya datang dari kota Berlin namun juga dari kota-kota di negara bagian lain seperti Potsdam dan Köthen.

Berlin, INDONEWS.ID - Tidak kurang dari 700 diaspora Indonesia di Berlin dan sekitarnya memenuhi halaman belakang Wisma Duta Besar di Rudeloffweg 7 untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-73. 

Tidak seperti tahun sebelumnya, kali ini upacara peringatan hari kemerdekaan langsung dilanjutkan dengan kemeriahan Pesta Rakyat di hari yang sama.

Peserta upacara dan pengunjung Pesta Rakyat tidak hanya datang dari kota Berlin namun juga dari kota-kota di negara bagian lain seperti Potsdam dan Köthen. Bahkan beberapa alumni penerima Darmasiswa dari Leipzig yang berjarak kurang lebih 200 km dari Berlin pun menyempatkan diri untuk hadir. 

Upacara peringatan hari kemerdekaan dilakukan dengan khidmat pada pukul 8 pagi dipimpin oleh Duta Besar Arif Havas Oegroseno. Walaupun upacara dilakukan pada hari kerja, namun tidak mengurungkan niat ratusan diaspora Indonesia untuk hadir memperingati upacara hari kemerdekaan tersebut yang diakhiri dengan aubade lagu-lagu perjuangan dan lagu-lagu daerah yang diiringi alunan musik angklung.

Acara Pesta Rakyat dimeriahkan dengan pertunjukan live music, antara lain dari PPI Jerman, Gereja Bethel Indonesia-Berlin, dan KBRI Berlin. Enam buah sepeda dan puluhan hadiah menarik lain dibagikan untuk pengunjung yang beruntung dalam undian berhadiah atau tombola. Hadiah utama undian tombola adalah 2 tiket p.p. Berlin-Jakarta yang diberikan oleh Turkish Airlines. KBRI Berlin bekerjasama dengan Turkish Airlines dan beberapa maskapai penerbangan lain untuk melakukan promosi bersama pariwisata Indonesia.   

Tidak ketinggalan pula aksi seru anak-anak pada lomba memasukkan pensil kedalam botol, balap kelereng dan lomba makan kerupuk yang memberikan keceriaan bagi mereka dengan banyaknya hadiah yang dibagikan. Kerinduan warga akan Indonesia juga terobati dengan penuhnya stand-stand yang berjualan makanan khas Indonesia, kopi Indonesia, serta baju batik, tas dan aksesoris lainnya. 

Namun keceriaan peringatan hari kemerdekaan di Berlin tidak melupakan saudara-saudara di Nusa Tenggara Barat yang sedang tertimpa bencana gempa. Pada Pesta Rakyat ini.

KBRI Berlin juga melakukan penggalangan dana yang hasilnya akan disalurkan langsung oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Berlin dalam bentuk barang-barang yang diperlukan oleh para korban bencana.
(hdr)

Artikel Terkait