Nasional

Sejumlah Rp2,1 Miliar Penggalangan Donasi Pelanggan Indomaret Didistribusikan ke KAT

Oleh : Abdi Lisa - Jum'at, 16/11/2018 15:31 WIB

Foto Ilustrasi daerah Landak. Dengan diresmikannya Komunitas Adat Terpencil (KAT) oleh Menteri Sosial, Indomaret peduli akan hal tersebut. Terkumpul Penggalangan dana donasi pelanggan Indomaret dengan jumlah Rp2,1 miliar yang didistribusikan ke KAT. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS ID – Dengan diresmikannya Komunitas Adat Terpencil (KAT) oleh Menteri Sosial, Agus Gumiwang, Indomaret peduli akan hal tersebut. Terkumpul Penggalangan dana donasi pelanggan Indomaret dengan jumlah Rp2,1 miliar yang didistribusikan ke KAT.

Penyelenggaran Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) Indomaret Peduli Komunitas Adat Terpencil diselenggarakan oleh Panitia Indomaret Peduli 2017 dengan Nomor Izin Kemensos RI 788/HUK-PS/2017.

Penggalangan dana donasi pelanggan Indomaret dilaksanakan di seluruh gerai Indomaret pada masa periode 01 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2017, dana hasil PUB yang didistribusi ke lokasi KAT sejumlah Rp2,1 miliar.

Dana tersebut telah disalurkan melalui yayasan yang ditunjuk oleh pemerintah daerah kabupaten setempat untuk melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana di tiga titik lokasi KAT. Sarana dan prasarana yang dibangun di setiap lokasi KAT meliputi Sarana Air Bersih, Drainase dan Balai Sosial.

Lokasi KAT

Lokasi pertama yakni di Piloheluma, Desa Padengo, Kecamatan Dengilo, Kabupaten Pohuwatu. Di Lokasi ini terdapat 45 Kepala Keluarga (KK) dan telah dilaksanakan pembangunan Sarana Air Bersih, Balai Sosial, MCK 45 unit dan drainase.

Lokasi kedua di Selage Desa Lebin, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa. Terdapat 46 KK di wilayah ini dan kini mereka telah menikmati Sarana Air Bersih, memiliki Balai Sosial dan MCK 46 unit.

Lokasi ketiga adalah yang hari ini diresmikan oleh Menteri Sosial yakni di RT 05 Bolokng, Dusun Belangiran Desa Kumpang Tengah, Kec. Sebangki Kab. Landak (40) KK. Pembangunan Sarana Air Bersih, Balai Sosial dan Drainase.

Pada saat peresmian, Menteri Sosial didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin, Direktur Pemberdayaan KAT Harapan L. Gaol, Anggota DPR RI Maman Abdurahman, perwakilan Direksi PT. Indomarco Primatama, Duta KAT Krisna Mukti. Turut hadir pada acara persemian, antara lain Sekda Kalimantan Barat, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Bupati Landak, dan para pejabat organisasi perangkat daerah di Kabupaten Landak.

Seperti diberitakan sebelumnya Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan Sarana Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Lokasi Komunitas Adat Terpencil Bolokng Dusun Belangiran, Desa Kumpang Tengah, Kec. Sebangki, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

"Pembangunan sarana KAT ini merupakan bagian dari Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Dengan upaya pembangunan sarana dan prasarana bagi warga KAT ini diharapkan warga KAT semakin terbuka aksesnya terhadap pelayanan sosial sehingga dapat mencapai kehidupan yang setara dan sejahtera sebagaimana warga lainnya," terang Menteri saat menyampaikan arahannya dalam acara Peresmian Pembangunan Sarana dan Prasarana KAT di Bolokng, Dusun Belangiran, Desa Kumpang Tengah, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak, Kamis (15/11). (Abdi.K)

Artikel Terkait