Bisnis

Pemerintah Tambah Pasokan BBM di Pintu Tol dan Daerah Tujuan Wisata

Oleh : very - Kamis, 13/12/2018 12:20 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pemerintah bakal menambah pasokan Bahan Bakar Minyak ( BBM) selama libur Natal dan Tahun Baru.

Penambahan pasokan ini difokuskan di pintu masuk dan keluar jalan tol serta daerah tujuan wisata.

"Menambah pasokan BBM selama libur Natal dan Tahun baru. Mungkin kalau selama periode Natal dan Tahun Baru, berdasarkan tahun lalu naiknya 7 hingga 8 persen, " ujar Ignasius Jonan, Rabu (12/12/2018).

Kata Jonan, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, penambahan volume BBM tersebut akan difokuskan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), terutama di jalur yang biasa dilalui masyarakat untuk berlibur.

"Fokusnya pintu masuk dan keluar jalan tol. Sekarang Tol Trans Jawa sudah selesai, volume BBM di pintu masuk dan keluarnya ditambah," ujarnya.

Jonan mengatakan, pemerintah berkeyakinan bahwa selama Natal dan Tahun Baru banyak orang bepergian melalui jalan Tol Trans Jawa.

Selain itu, lanjutnya, fokus kedua adalah wilayah yang menurut prediksi akan dikunjungi atau dipadati wisatawan selama musim libur Natal dan Tahun baru. Wilayah tersebut misalnya di Yogyakarta atau Bali.

"Lokasi wisata yang baru, Labuan Bajo misalnya, mungkin yang harus ditingkatkan pasok avtur, karena frekuensi penerbangannya akan bertambah. Jadi biasanya tempat wisata dan jalur tol," tegasnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas Fanshurullah menjelaskan, untuk mengantisipasi ketersediaan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), melalui PT Pertamina (Persero) akan menyuapkan tambahan distribusi BBM di beberapa titik diluar SPBU yaitu KiosK Pertamax, Motorist, Mobile Dispenser, dan kantong BBM. 

“Penyiapan layanan khusus di titik belum ada fasilitas pelayanan BBM dan LOG seperti KiosK pertamax, mobil dispenser unit, BBM kemasan dan motor pengantar kemasan BBM,” tuturnya.

Dia merinci untuk KiosK Pertamax ditambah menjadi 34 dari tahun lalu yang sebanyak 15, mobil dispenser unit ditambah menjadi 16 unit dari sebelumnya 9 unit, dan kantong BBM ditambah menjadi 54 dari sebelumnya 39. (Very)

 

Artikel Terkait