Nasional

Ini Tarif LRT Kelapa Gading Velodrome

Oleh : Abdi Lisa - Minggu, 06/01/2019 01:15 WIB

Tarif yang akan dikenakan adalah hingga kini masih dalam tarif usulan. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS, ID – Pasalnya angkutan kereta tepatnya rel Light Rail Transit (LRT) akan dioperasikan Februari nanti dengan koridor sepanjang 5,8 kilometer. Lalu, berapakah tarifnya tersebut?

Tarif yang akan dikenakan adalah hingga kini masih dalam tarif usulan. Yakni Rp10.800 per penumpang dengan jurusan Kelapa Gading-Velodrome. LRT itu akan tersambung dengan bus Transjakarta hingga Dukuh Atas.

Menanggapi hal ini, Direktur Proyek LRT PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin menuturkan, kini, rel LRT sudah tahap persiapan operasional. Begitujuga dengan sistem persinyalan dan radio komunikasi sudah disiapkan. Sedangkan pembangunan halte dalam tahap pemasangan lift dan elevator.

“Sebelum operasi ada ujicoba trial run, akhir Januari kita lakukan itu. Paling Februari sudah bisa beroperasi dan terkoneksi dengan bus TransJakarta,” ujar Iwan.

Menurutnya, LRT Kelapa Gading-Velodrome harus terintegrasi dengan bus Transjakarta hingga ke Dukuh Atas. Sehingga, dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Integrasi dari stasiun velodrome menuju halte bus, menggunakan skybdrige yang menggunakan rangka baja.

“Kami sudah melakukan workshop, sharing dengan PT Transjakarta, mengatur tentang sisitem tiket, penjadualan kedatangan bus dan LRT,” ujarnya, Sabtu (5/1).

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, Sri Haryati menuturkan, mengenai tarifnya belum final.

“Tapi sudah ada usulan melalui rekomendasi dari Dewan Transportasi Jakarta sebesar Rp10.800,” ungkapnya. (Abdi.K)

Artikel Terkait