Nasional

Ribuan Kotak Suara Rusak Kena Hujan, Bawaslu : KPU Kurang Hati Hati

Oleh : luska - Selasa, 12/02/2019 15:01 WIB

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman meyakini kotak suara berbahan karton yang kedap air tersebut tetap aman karena sudah empat kali digunakan saat pemilu dan semua dengan lancar.

Jakarta, INDONEWS.ID - Menanggapi banyaknya kotak suara yang rusak di Cirebon, Jawa Barat yang terkena air hujan, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja, menyayangkan KPU kurang berhati hati.

Lembaga penyelenggara pemilu ini, kata Bagja, mestinya memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas mengenai proses produksi, distribusi, sampai penyimpanan hingga hari-H pemungutan suara.

"Kami sudah ingatkan, untuk berhati-hati. Distribusi logistik kami tak dibuat akses kemarin. Kami kirim surat dua kali pada KPU, mestinya mengawasi. Kami minta pada KPU untuk membuat SOP-nya yang jelas, di mana meletakannya (kotak suara)," jelas Bagja kepada wartawan, Selasa (12/2/2019).

Diingatkan Bagja, kejadian ini harus segera dievaluasi oleh KPU, jangan sampai ada kotak suara yang tidak bisa dipakai karena masalah semacam ini.

" Ini sensitif yang begini. Barang yang sepenting itu, lost saja. Kan jadi masalah nanti kalau ada persoalan saat distribusi," cetusnya.

Sebelumnya, Bawaslu Jawa Barat menemukan 1.410 kotak suara yang rusak akibat terendam air hujan di Cirebon pada Jumat (8/2) malam hingga Sabtu (9/2) dini hari. (Lka)

Artikel Terkait